Keindahan Danau Kelimutu di Flores, Danau Kawahnya Unik Berwarna-warni

Vien Dimyati ยท Rabu, 27 November 2019 - 18:17 WIB
Keindahan Danau Kelimutu di Flores, Danau Kawahnya Unik Berwarna-warni

Keindahan Danau Kelimutu (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya memiliki objek wisata Labuan Bajo yang terkenal hingga mancanegara. Jika traveler singgah ke Taman Nasional Kelimutu, pasti akan takjub dengan pesona danau berwarna-warni di kawah Gunung Kelimutu.

Pesona keindahan Danau Kelimutu tidak terlepas dari danau tiga warna yang warnanya dapat berubah-ubah dan juga berkembangnya mitos yang selama ini dipercayai oleh penduduk sekitar. Perubahan warna ketiga danau itu disebabkan oleh komposisi mineral yang terdapat dalam danau.

Ketiga danau tersebut bernama Tiwu Ata Polo (danau warna merah), Tiwu Nua Muri Koo Fai (danau warna biru) dan Tiwu Ata Mbupu (danau warna putih). Tiga danau yang memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi, menurut kepercayaan penduduk sekitar memiliki perbedaan makna sesuai dengan namanya.

Tiwu Ata Polo adalah tempat untuk jiwa-jiwa yang telah meninggalkan dunia bagi orang yang semasa hidupnya melakukan kejahatan.

Danau yang bernama Tiwu Nua Muri Koo Fai sebagai tempat bagi jiwa muda mudi yang telah meninggal. Sedangkan Tiwu Ata Mbupu tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.

Danau ini tak hanya indah, tetapi juga terlihat Instagramable. Cocok bagi Anda yang suka berswafoto.

"Danau Kelimutu memang memiliki keunikan karena ketiga danau kawahnya memiliki warna yang berbeda dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tapi supaya kunjungan kita lebih berkesan, ada baiknya kita mencari tahu waktu kunjungan terbaik ke destinasi wisata yang terletak di Taman nasional Danau Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur ini. Salah satu waktu terbaik ialah dini hari, saat matahari mulai naik dan menyapa kita di ketinggian. Ditemani hawa sejuk dan panorama alam yang menawan, liburanmu pasti jadi momen tak terlupakan. Jadi kapan nih, mau berburu sunrise di Danau Kelimutu?," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Rabu (27/11/2019).

Berada di danau ini, jangan lewatkan untuk berburu sunrise di puncaknya. Warna langit yang memiliki warna orange terlihat sangat eksotis.

Berbeda dengan kebanyakan wisata danau lain. Selain dapat menikmati keindahan danau, traveler juga akan disajikan pemandangan berbagai macam tanaman dan satwa liar yang hidup di sekitar pegunungan Kelimutu.

Jika tertarik untuk mengunjungi Danau Kelimutu, Anda dapat berangkat dari Desa Moni yang terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu. Dari Desa Moni, satu-satunya cara untuk menempuh danau adalah dengan berjalan kaki selama dua hingga tiga jam perjalanan.

Jika ingin mengejar sunrise, Anda harus berangkat dari Moni sekitar pukul 02.00 - 03-00 dini hari waktu setempat. Tentunya, Anda harus ditemani dengan pemandu. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Danau Kelimutu?


Editor : Vien Dimyati