Kemenparekraf Berikan Pendampingan Kreatif untuk SDM di Aceh 

Dimas Andhika Fikri · Selasa, 04 Mei 2021 - 16:49:00 WIB
Kemenparekraf Berikan Pendampingan Kreatif untuk SDM di Aceh 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan memberikan pendampingan dan peningkatan skill bagi sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh. Pendampingan diberikan sebagai tindak lanjut atas kunjungan kerja Menparekraf Sandiaga Uno ke Aceh, pada akhir pekan kemarin.
 
"Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh agar dapat difasilitasi program pendampingan juga peningkatan skill (upskilling). Pendampingan juga bisa mendukung promosi dan inkubasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Selasa (4/5/2021).
 
Selain itu program serta pendampingan  dapat mendorong pelaku ekonomi kreatif, khususnya UMKM masuk ke platform digital. Menparekraf menjelaskan, ke depan tren pariwisata dunia akan berubah. Dari yang sebelumnya mass tourism, kemudian mengarah ke konsep pariwisata yang personalized, customized, localized, dan smaller in size.
 
Desa wisata dinilai menjadi salah destinasi yang cocok dengan konsep tersebut. Karenanya dia juga mendorong Desa Wisata di Aceh untuk dikembangkan agar dapat menjadi desa wisata yang mandiri, membangkitkan ekonomi, dan membuka lapangan kerja di tengah pandemi.
 
"Selain  mengembangkan wisata minat khusus hingga sport tourism. Sebut saja seperti Sail Sabang, event olahraga seperti marathon, triathlon, hingga open water swimming dapat diselenggarakan pada tingkat nasional," kata Sandiaga.
 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2