Kemenparekraf Targetkan 7,4 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2023

Novie Fauziah ยท Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:22:00 WIB
Kemenparekraf Targetkan 7,4 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2023
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya menargetkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2023 sebanyak 3,5 sampai 7,4 juta kunjungan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2023 sebanyak 3,5 sampai 7,4 juta kunjungan.

“Jadi kalau tahun ini targetnya 1,8 sampai 3,6 juta, maka tahun depan kita lipatgandakan,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (22/8/2022).

Organisasi Pariwisata Dunia (UN World Tourism Organization/UNWTO) memprediksikan sektor pariwisata tumbuh 70 persen dibandingkan tahun 2019. Menurut Menparekraf, hal tersebut merupakan sinyal yang sangat baik untuk pengembangan pariwisata.

Meskipun di masa pasca pandemi Covid-19 akan banyak tantangan seperti harga tiket pesawat yang meningkat serta volatility (lingkungan bisnis yang bergejolak), uncertainty (ketidakpastian), complexity (kompleks), dan ambiguity (ambiguitas), pihaknya meyakini bakal mempercepat pemulihan pasar industri pariwisata maupun ekonomi kreatif dengan kebijakan yang tepat.

“Fokus kita sekarang memang masih wisnus (wisatawan nusantara), belum ke wisman. Tapi saya yakin dengan kebijakan visa yang lebih baik, dengan konektivitas penerbangan langsung yang lebih banyak, kita yakin Indonesia akan mampu mencapai target di tahun 2023,” kata Sandiaga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga akan mendorong lima Destinasi Super Prioritas (DSP), sejumlah acara tahunan, MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), dan peningkatan kualitas pariwisata melalui reskilling, newskilling, dan upskilling untuk sumber daya manusia di sektor terkait.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda