Keseruan Wisata di Pantai Tanjung Sirap Malang, Ada Tebing Menjorok ke Laut

Vien Dimyati ยท Rabu, 11 September 2019 - 13:09 WIB
Keseruan Wisata di Pantai Tanjung Sirap Malang, Ada Tebing Menjorok ke Laut

Pantai Tanjung Sirap Malang jadi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Destinasi wisata pantai yang mengagumkan ini ada di Malang. Namanya Tanjung Sirap. Lokasinya Dusun Sumberbening, Kecamatan Bantur. Tepatnya berada di antara Pantai Balekambang dan Pantai Kondang Merak.

Nama pantai ini mungkin masih terasa asing di telinga traveler. Maklum, pantai yang satu ini masih jarang dikunjungi. Padahal, keindahan yang ditawarkan tak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Tanjung Sirap memang berbeda dengan kebanyakan pantai di Malang, pasir pantai di sini sedikit. Lebih didominasi oleh batu karang. Di bibir pantai terdapat batu karang yang cukup besar dan luas.

Ketika air laut sedang pasang, batu karang tersebut akan menyemburkan air laut, disebabkan oleh ombak yang menabrak batu karang. Inilah yang menjadi daya tarik dari Tanjung Sirap. Tebing karang yang menjorok ke laut dan pulau kecil di tengah laut memiliki tumpukan batu yang apik.

Waktu terbaik menikmati Tanjung Sirap adalah saat pagi hari, sebelum pukul 11.00 WIB. Karena semakin siang, ombak akan semakin besar. Siap-siap saja traveler untuk basah-basahan.

Puas bermain di atas bukit Tanjung Sirap, traveler bisa bermain air di pantainya. Jika mau, bisa juga bersantai sembari menikmati semilir angin di pantai kece ini.

Pakailah sepatu yang nyaman, karena trekking-nya lumayan jauh. Hati-hati juga dengan hewan liar sepanjang trekking. Lebih baik bawa perbekalan sendiri karena tidak ada warung.

"Ayo dolan nang Tanjung Sirap. Tanjung Sirap atau Pathukan sirap merupakan tebing karang yang menjorok ke lautan dan di sekitarnya dikelilingi beberapa pulau karang kecil. Foto dolan dari @ahmed25_al.ali, @khakim_sr," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Rabu (11/9/2019).


Dari dan foto di atas, traveler pasti ingin pergi ke sana bukan? Untuk pergi ke sana, butuh waktu sekitar dua jam perjalanan dari Kota Malang. Akses jalannya sudah lumayan bagus, karena searah dengan destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

Traveler bisa melewati jalur Pantai Kondang Merak atau Pantai Balekambang. Jika dari Pantai Kondang Merak, akan melewati dua pantai lagi, yaitu Pantai Dali Putih dan Pantai Pasir Besi.

Setelah itu, di ujung pantai akan ada jalan setapak yang menuntun traveler menuju bukit. Sekitar lima menit perjalanan, akan menemukan percabangan. Ambil yang arah kanan. Sekitar 20 menit, traveler akan sampai ke lokasi Pantai Tanjung Sirap.

Jika dari Pantai Balekambang, traveler bisa jalan kaki ke arah Jembatan Panjang yang ada di sebelah Pantai Balekambang. Kemudian lewati jalan setapak menyusuri hutan sampai ke lokasi. Dari jembatan panjang, waktu perjalanan sekitar 15 menit.


Editor : Tuty Ocktaviany