Keseruan Wisata di Pulau Kri Raja Ampat, Bisa Berenang dengan Ikan Warna-warni & Hiu

Vien Dimyati ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 10:22 WIB
Keseruan Wisata di Pulau Kri Raja Ampat, Bisa Berenang dengan Ikan Warna-warni & Hiu

Keindahan Pulau Kri Raja Ampat (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan Raja Ampat yang berada di Papua Barat memang sudah terkenal hingga mancanegara. Panorama alamnya terlihat eksotis dan masih natural.

Tidak hanya memiliki gugusan kepulauan yang menawan, Raja Ampat juga memiliki banyak pantai yang indah. Jika kali ini Anda tertarik memilih liburan ke Raja Ampat, jangan lewatkan untuk mengunjungi pulau yang satu ini.

Tempat tersebut bernama Pulau Kri, tersembunyi rapi di antara banyaknya gugusan pulau di Raja Ampat. Pulau Kri terkenal dengan keunikan beragam jenis biota laut, termasuk terumbu karang yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Menyelam di sini, traveler dapat melihat berbagai jenis ikan berwarna-warni. Ini sebabnya, Pulau Kri menjadi salah satu referensi terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Air laut yang bersih dan jernih membuat Anda leluasa menyaksikan surga bawah lautnya.

Bahkan, jika ingin menguji nyali, bisa lebih dekat lagi berenang dengan hiu. Berenang dengan hiu menjadi aktivitas menarik di pulau ini, tanpa harus menyelam jauh ke dalam.

"Baik snorkeling maupun diving merupakan aktivitas yang menarik dan umumnya disukai traveler. Masalahnya adalah traveler harus mencari tempat yang bagus untuk melakukan aktivitas seperti itu sebelum masuk ke air. Di Kabupaten Raja Ampat, Pulau Kri menjadi salah satu referensi terbaik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Lokasinya berada di Distrik Meos Mansar dan memiliki beragam karang dan banyak ikan yang berwarna-warni, semuanya itu layak untuk ditelusuri. Belum lagi air menawarkan visibilitas top-notch dan gelombang laut moderat. Kri terletak di dekat Pulau Mansuar, sehingga memiliki keindahan dan atraksi yang sama. Pada umumnya, traveler akan mengunjungi kedua pulau selama perjalanan mereka," tulis Instagram @infiatravel dikutip Selasa (3/12/2019).

Pulau Kri terletak di Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Tidak jauh dari Sorong atau Waisai. Jaraknya sekitar 2 jam dari Sorong menggunakan kapal cepat, atau lebih singkat lagi dari Waisai yang hanya 30 menit.

Pulau ini dijuluki sebagai dive and snorkeling site favorit di Raja Ampat, juga sebagai pusat kerajaan dunia bawah air Raja Ampat. Terdapat sekitar 374 spesies ikan serta karang-karang indah di Pulau Kri. Mulai dari barakuda, berbagai jenis jacks, batfish, fusilier, sweetlips, butterlyfish, angle fish, kakap, kerapu, kura-kura hijau, dan masih banyak lagi.

Ikan tuna juga menjadi pemandangan umum di sini. Hiu karpet atau wobegong yang hanya bisa ditemui di perairan Australia bisa Anda temui di pulau ini. Hiu ini memiliki bentuk yang aneh dan berdiam di dasar laut. Dengan kedalaman 10-40 meter serta jarak pandang 10-30 meter, Pulau Kri menawarkan pemandangan cantik yang tidak akan bisa dilupakan.

Dengan keindahan laut dan biotanya, Pulau Kri dikenal sebagai salah satu pulau yang menawarkan lokasi snorkeling dan menyelam yang memesona. Ombaknya cenderung tenang.

Untuk bisa sampai ke Pulau Kri, Anda harus mengatur budget. Ada tiga rute penerbangan yang bisa diambil sesuai budget. Penerbangan pertama Jakarta-Sorong, atau bisa ambil jalur Jakarta-Makassar-Sorong, boleh juga Jakarta-Ambon-Sorong.

Begitu sampai Sorong, kapal Ferry sudah menunggu untuk menyeberang ke Waisai. Sampai di Waisai, Anda masih perlu naik kapal cepat menuju Pulau Kri. Begitu sampai, jangan lupa membayar kontribusi Pin Raja Ampat. Jika ingin menginap, di sini terdapat 15-20 homestay.

Waktu yang tepat mengunjungi Pulau Kri adalah Oktober-April. Jika Juni-Agustus, ombak laut sedang tinggi-tingginya. Bagaimana, tertarik travelling ke Pulau KRI dan berenang bareng Hiu?


Editor : Vien Dimyati