Keunikan Wisata di Banyuwangi, Ada Selokan Jernih Dijadikan Kolam Ikan Koi

Vien Dimyati ยท Senin, 23 Maret 2020 - 10:10 WIB
Keunikan Wisata di Banyuwangi, Ada Selokan Jernih Dijadikan Kolam Ikan Koi

Keunikan wisata di Banyuwangi (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada hal menarik di Banyuwangi untuk dijelajahi wisatawan. Tidak hanya ada Kawah Ijen dan Pantai Merah yang eksotis.

Di Banyuwangi terdapat objek wisata yang tidak biasa. Di satu desa dekat Gunung Ranti dan Kawah Ijen terdapat satu kampung yang menawan.

Kampung tersebut memiliki keunikan. Sepanjang selokan yang ada di kampung yang bernama Kluncing ini terdapat peliharaan ikan koi. Mirip kolam alami yang ada di Jepang.

Desa Kluncing akrab disebut Kampung Ikan. Disebut Kampung Ikan karena disana merupakan kampung peternak ikan air tawar sejak dahulu.

Bagaimana tidak, kondisi alam kampung ikan mendukung sekali karena ada air jernih yang mengalir setiap waktu sehingga ikan yang diternakan bisa tumbuh dengan baik.

"Di dekat Kawah Ijen, ada desa yang punya Selokan sejernih ini. Sampai-sampai sama mereka taruh ikan Koi. Jadi inget selokan bersih yang ditaruh ikan koi di Jepang dan di #Klaten. Tempat ini namanya Kampung Ikan yg berada di Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Cocok buat wisata edukasi tentang ternak ikan dan minapadi. Foto dolan dari @alannobita," tulis Instagram @ayodolan dikutip Senin (23/3/2020).

Berada di sini, wisatawan akan dibuat penasaran dengan ikan-ikan yang berenang bebas di air jernih. Ratusan ikan warna warni berenang ke sana kemari di parit yang berada di depan rumah warga.

Airnya yang jernih membuat setiap gerakan ikan terlihat dengan jelas. Ditambah lagi cuaca dingin dan sejuk pegunungan Ijen akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sana.

Desa Kluncing sendiri berada di  Kecamatan Licin Banyuwangi yang letaknya berada di kaki Gunung Ijen. Berada tidak jauh dari Kota Banyuwangi, jaraknya kurang lebih 15 KM dari pusat kota.

Ikan yang berenang ke sana kemari masih ada yang berupa bibit dan beberapa berukuran cukup besar. Jika ingin membeli ikan, warga sudah menyiapkan ikan siap beli di dalam kotak.

Di saluran air irigasi, ditaruh indukan dari Ikan Koi dan Tombro sebagai daya tarik dan ciri khas dari Kampung Ikan Kluncing, Banyuwangi. Selain Ikan Koi dan Tombro, masyarakat kampung ikan juga memelihara Ikan Mas, Nila, Bawal dan Lele.

Kampung Ikan berada persis di pinggir jalan alternatif dari Rogojampi menuju Kawah Ijen lewat Pakel. Untuk menuju Kampung Ikan Banyuwangi ini cukup mudah.

Dari Kota Banyuwangi Anda bisa ambil rute arah menuju Kawah Ijen melewati Desa Olehsari-Desa Glagah. Lalu sampai di pertigaan pasar Licin ambil ke kiri menuju Desa Segobang.

Di Desa Segobang Jalan berkelok dan naik turun, Anda perlu hati-hati di sini. Setelah melewati Desa Segobang, masuk Desa Kluncing dan Kampung Ikan berada di kanan jalan dekat dengan Balai Desa Kluncing. Bagaimana, tertarik menjelalahi Desa Ikan Banyuwangi?


Editor : Vien Dimyati