Menelusuri 1000 Museum Bersejarah di Kota Tertua Yerusalem

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 09 Desember 2017 - 16:12:00 WIB
Menelusuri 1000 Museum Bersejarah di Kota Tertua Yerusalem
Kota 1000 museum, Yerusalem (Foto: Catholic Herald)

YERUSALEM, iNews.id - Berlibur mengunjungi museum memang terasa sangat membosankan, tapi bagi sebagian orang, mengunjungi museum memiliki sensasi tersendiri.

Anda bisa mengelilingi dan melihat benda-benda bersejarah, baik itu di museum seni ataupun museum sejarah. Tak hanya menyenangkan, berkunjung ke museum juga bisa menambah pengalaman dalam hal pengetahuan.

Tahukah Anda, ternyata ada sebuah tempat yang dijuluki sebagai kota 1000 museum? Ya, kota tersebut adalah Yerusalem. Selain kota yang terkenal akan toleransi antar umat beragamanya, Yerusalem juga merupakan kota tertua di dunia yang memiliki banyak museum sejarah di dalamnya.

Ingin tahu museum apa aja yang ada di Yerusalem? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (9/12/2017).

Museum Yad Vashem

(Foto: Catholic Herald)

Museum ini dibangun bertujuan untuk mengenang orang-orang Yahudi yang menjadi korban kekerasan bangsa Nazi (Holocaus) di zaman perang dunia ke-2. Di dalam museum ini terdapat beberapa ruangan, seperti ruang sejarah, ruang arsip, dan tugu peringatan. Bangunan bersejarah ini didirikan pada tahun 1953.

Bloomfield Science Museum

(Foto: Wikimedia)

Berkunjung ke Museum Bloomfield Science memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan. Museum ini diperuntukan untuk anak-anak yang ingin belajar tentang karya seni yang berhubungan dengan sains dan teknologi.

The Friend of Zion Museum

(Foto: Jewishwebsite)

Terletak di jantung Kota Yerusalem, Museum Friend Of Zion menceritakan tentang kisah kerukunan antar umat beragama dan kepahlawanan kepada dunia. Dibangun menggunakan teknologi ground-breaking, satu-satunya museum modern di seluruh dunia.

Rockfeller Museum

(Foto: Israel Magazine)

Kekacauan besar di Palestina melalui kekaisaran Ottoman di zaman perang dunia pertama. Bersatunya bangsa Yahudi dan Arab mempertahankan Tanah Airnya dari orang-orang Inggris dan mencari pengakuan kepada Timur Tengah. Cerita sejarah itu dibuktikan dengan beberapa situs maupun benda antik peninggalan perang tersebut.

Bible Lands Museum

(Foto: Gojerusalem)

Bible Lands adalah sebuah museum arkeologi di Yerusalem yang menceritakan tentang suku bangsa orang Mesir Kuno, Kanaan, Filistin, Aram, Het, Elam, Fenisia dan Persia. Semua dirangkum dalam sebuah Al-kitab yang tersimpan di museum ini.

Editor : Vien Dimyati