Mengenal 5 Destinasi Super Prioritas yang Menjadi Fokus Angela Tanoesoedibjo

Vien Dimyati ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 14:39 WIB
Mengenal 5 Destinasi Super Prioritas yang Menjadi Fokus Angela Tanoesoedibjo

Keindahan Danau Toba (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Angela Herliani Tanoesoedibjo diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Putri pertama Hary Tanoesoedibjo ini dilantik di Istana Negara, Jumat (25/10/2019).

Menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo diminta oleh presiden fokus untuk mengembangkan lima destinasi super prioritas. Destinasi yang akan menjadi Bali Baru ini ditargetkan rampung pada 2020.

"Pak jokowi memberikan arahan untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia. Kita harus mengembangkan 10 destinasi wisata baru dan yang akan menjadi target utama satu tahun ke depan yaitu harus selesai lima destinasi wisata baru ini. Selain iti juga bagaimana mensinergikan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Lantas, apa saja lima destinasi super prioritas yang ditargetkan rampung pada 2020? Berikut ulasannya.

Danau Toba, Sumatera Utara

Keindahan Danau Toba sudah tidak diragukan lagi. Pesonanya tersohor hingga mancanegara. Danau alami terbesar di Indonesia ini memiliki panorama alam yang mampu memikat wisatawan.

Ada banyak spot terbaik bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya, salah satunya melalui puncak tertinggi di Samosir, yaitu Pusuk Buhit. Pusuk Buhit merupakan salah satu rangkaian gunung supervolcano Toba yang berada di daerah Pangururan Pulau Samosir, Sumatera Utara. Berada di puncak ini, traveler dapat memandang hamparan luas Danau Toba yang melegenda.

Borobudur, Jawa Tengah

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur. Bangunan megah bersejarah ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Setiap tahun dalam perayaan Waisak, candi ini menjadi tujuan umat Buddha untuk berdoa. Candi Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia dan dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Mandalika adalah kawasan teluk yang sangat indah dengan pantai berpasir putih dan karang-karang yang terlihat jelas di perairan dangkalnya. Kawasan Mandalika memiliki banyak bukit yang dijadikan area golf, serta penginapan cantik. Anda dapat pergi ke Bukit Merese melihat padang rumput hijau dan pantai indah. Untuk urusan pantai, Mandalika memiliki banyak pantai eksotis, seperti Pantai Batu Payung, Pantai Kuta, dan lainnya. Mandalika juga akan menjadi sirkuit MorotGP pada 2021. Ke depannya, akan ada hotel-hotel, resto dan bandara di sekitar. Untuk bandara sendiri sudah mulai pembangunanannya dari runaway dan terminal, serta sudah dibangun rumah sakit.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Ada banyak destinasi menarik di Labuan Bajo yang harus Anda kunjungi. Selain Pulau Komodo yang memiliki hewan purba, Anda juga harus mengunjungi bukit Cinta yang terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Berada di atas Bukit Cinta, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah bumi Flores. Selain itu, Anda dapat mengunjungi Pink Beach. Disebut sebagai Pink Beach karena pantainya memiliki pasir berwarna merah muda.

Likupang, Sulawesi Utara

Likupang, Sulawesi Utara menjadi salah satu destinasi super prioritas yang akan menjadi wisata kelas dunia. Destinasi yang akan menjadi Bali Baru ini memiliki berbagai atraksi wisata menakjubkan. Utilitas dasar dan atraksi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang Minahasa Utara, ditargetkan selesai pada 2020. Pengembangan mulai dari Marina Area untuk tempat sandar super yacht dengan standar internasional. Lalu ada cultural village, Wallace Conservation, dan marine tourism park yang menjadi alasan wisatawan datang ke Likupang.


Editor : Vien Dimyati