Mengenal Alahan Panjang, Kota Dingin Tanpa Salju di Sumatera Barat

Bertold Ananda ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 13:31:00 WIB
Mengenal Alahan Panjang, Kota Dingin Tanpa Salju di Sumatera Barat
Menjelajahi Alahan Panjang (Foto: Instagram@adipatifozan)

Kota yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan ini membuat suhu udara rasanya hampir sama dengan musim dingin di luar negeri. Konon dahulu kota Alahan Panjang ini merupakan tempat pertahanan pahlawan Indonesia yaitu Tuanku Imam Bonjol pada tahun 1772-1864. 

Seorang youtuber ternama Kevin Hendrawan pernah mengunjungi tempat ini pada channel youtube dengan #ExpedisiSegarisEps20.

“Sepanjang mata memandang itu kaya di Swiss lagi spring-summer. Bener-bener bagus dan tenang banget. Dan ada rumah-rumah, villa di danau ini bikin suasana jadi makin mirip Eropa. Pohon-pohonnya juga mirip di Eropa,” ujar Kevin Hendrawan.

Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi Kota Alahan panjang ini kurang lebih 65 kilometer dari Kota Padang dengan rute melewati jalanan yang penuh tanjakan tinggi, turunan serta belokan tajam. 

Namun, semua itu terbayarkan dengan indahnya hamparan pesona alam yang hijau, pegunungan yang berjejer dipadu dengan udara sejuk dan damai yang akan Anda rasakan di sepanjang perjalanan. Banyaknya perkebunan teh membuat nuansa tempat ini menjadi asri dan syahdu.

Mata pencaharian mayoritas di sini adalah pedagang dan petani. Maka dari itu kalau Anda mengunjungi kota ini bisa dengan puas memilih dan membeli hasil panen langsung dari petani sekitar. 

Bagaimana, Apakah Anda berminat untuk berlibur mengunjungi tempat sejuk nan asri ini?

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: