Mengenal Asal Usul Festival Yulin, Anjing dan Kucing Diperjualbelikan untuk Dikonsumsi!

Ahmad Haidir · Rabu, 25 Mei 2022 - 21:48:00 WIB
Mengenal Asal Usul Festival Yulin, Anjing dan Kucing Diperjualbelikan untuk Dikonsumsi!
Mengenal festival Yulin (Foto: The vegan kind)

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada hal aneh di beberapa negara yang bisa bikin banyak orang geram. Beberapa waktu lalu, jagat media sosial dihebohkan oleh video yang memperlihatkan puluhan kucing disekap dalam karung. 

Setelah ditelusuri, video tersebut berasal dari China yang menunjukkan situasi hewan lucu tersebut diperdagangkan untuk tujuan dikonsumsi.  

Ya, Anda tidak salah baca karena di Negeri Tirai Bambu itu, terdapat ‘perayaan’ khusus bernama Festival Yulin. Acara tahunan ini digelar selama 10 hari, lebih dari 10.000 anjing dan kucing dikonsumsi oleh masyarakat. Leci segar dan minuman keras juga tersedia di hajatan tersebut. 

Peristiwa di bagian terpencil China selatan ini terbukti sangat kontroversial dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi virus corona. Festival itu terjadi di Yulin, kota di Provinsi Guangxi China, dan biasanya berlangsung dari 21 hingga 30 Juni setiap tahunnya. 

Festival tersebut pertama kali berlangsung pada 2009 untuk menandai musim panas yang telah tiba. Dan untuk diketahui, mengonsumsi anjing adalah menjadi tradisi. Menurut cerita rakyat setempat, memakan daging hewan peliharaan tersebut selama bulan-bulan musim panas akan membawa keberuntungan dan kesehatan yang baik.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: