Mengintip Candi Tertua di Karawang, Tak Kalah Megah dari Borobudur

Vien Dimyati ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 12:14 WIB
Mengintip Candi Tertua di Karawang, Tak Kalah Megah dari Borobudur

Percandian Batujaya (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata menarik. Keindahan destinasinya tidak kalah dari Bandung dan Bogor.

Terutama jika Anda mengunjungi Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya. Di sini terdapat percandian yang megah dan eksotis. Bahkan, kemegahannya tidak kalah dari Borobudur yang ada di Magelang.

Pada Maret 2019, percandian di sini menjadi situs candi tertua yang akan menjadi destinasi wisata budaya. Tempat tersebut memiliki nama Percandian Batujaya.

Kompleks percandian seluas 500 hektare ini berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, dan Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang.

Kawasan ini dibagi menjadi zona inti seluas 337 hektare dan sisanya zonasi penyangga. Kurang lebih terdapat 62 situs candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara, sekitar abad 5-7 masehi.

Dari 62 situs candi, ada empat situs candi yang sudah dipugar, yakni Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut, dan Candi Sumur.

Sementara, sisanya masih berupa unur. Candi-candi tersebut diduga sebagai tempat peribadatan masyarakat Hindu-Budha pada masa itu.

 

"Percandian Batujaya. Terletak di kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, (Kompleks percandian Batu jaya). Sebuah kompleks sisa percandian Buddha kuno yang merupakan peninggalan sejarah besar, dan saksi kehidupan zaman prasejarah di Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari kumpulan candi yang tersebar di beberapa titik di antaranya yang terkenal adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Foto dolan dari @ervinerwin" tulis Instagram @ayodolan, dikutip Selasa (3/3/2020).

Pemandangan menarik di area wisata budaya candi ini adalah karena letaknya berada di tengah persawahan. Cocok untuk dijadikan spot Instagramable.

Perpaduan bangunan kuno dengan persawahan hijau akan membuat siapa saja takjub. Anda bisa berfoto sambil berkeliling mengitari candi.

Sayangnya, sarana transportasi menuju Candi Batujaya masih terbatas. Tidak ada kendaraan umum yang bisa menjangkau kompleks candi.

Dengan begitu, disarankan menyewa kendaraan, menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Karawang ke Candi Batujaya.

Waktu tempuh dari Kota Karawang ke Candi Batujaya sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Rute yang ditempuh mulai dari Tanjungpura, Jalan Raya Proklamasi di Rengasdengklok, hingga Jalan Raya Batujaya. Kemudian ambil jalan ke kanan ke Jalan Candi Jiwa. Bagaimana, tertarik menikmati candi tertua di Karawang?

Editor : Vien Dimyati