Mengintip Duplikat Raja Ampat di Sombori, Airnya Kebiruan dan Bergradasi

Vien Dimyati ยท Senin, 04 November 2019 - 13:20 WIB
Mengintip Duplikat Raja Ampat di Sombori, Airnya Kebiruan dan Bergradasi

Karena keindahannya, Pulau Sombori di Morowali, Sulawesi Tengah sering disebut sebagai duplikat Raja Ampat. (Foto: Instagram @pesonaid_travel)

JAKARTA, iNews.id - Selain Pulau Labengki, ada lagi Pulau Sombori di Morowali, Sulawesi Tengah yang juga sering disebut sebagai 'duplikat' Raja Ampat. Letak kedua pulau ini saling berdekatan. Anda bisa menikmati keduanya dalam satu hari tanpa memakan banyak waktu.

Selain mirip Raja Ampat, Pulau Sombori juga mirip Phi Phi Island di Thailand. Banyak yang bilang bahwa Pulau Sombori jauh lebih indah ketimbang Phi Phi Island.

Di Pulau Sombori, kealamian alamnya masih sangat terjaga. Air pantai yang jernih kebiru-biruan dengan arus yang tenang sangat menggoda. Dikelilingi gugusan pulau hijau dan tebing karst yang cantik, pulau ini begitu nikmat dipandang mata.

"Salah satu spot favorit traveler di pulau ini adalah Rumah Nenek. Disebut Rumah Nenek karena rumah ini dihuni oleh seorang nenek dari Suku Bajo. Di sini, kita bisa saja disuguhi pisang bakar dan segelas kopi oleh si nenek. Kebayang kan, nikmatnya segelas kopi ditemani pemandangan seindah Pulau Sombori? Yuk, jelajahi Sultra!" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Senin (4/11/2019).

Ombak-ombak kecil yang menyisir tebing seolah menyambut datangnya pengunjung. Sesekali, ombak tersebut meninggalkan dataran air yang sangat jernih. Menariknya, air di Pulau Sombori memiliki gradasi, mulai dari biru tua, cyan, dan hijau muda. Pasirnya sangat putih dan bersih. Anda bisa merebahkan tubuh dengan nyaman di atasnya.

Pulau ini juga menjadi kawasan konservasi perairan dengan luas sekitar 147.700 hektare. Pulau Sombori bisa dijadikan tempat yang pas untuk snorkeling dan diving. Dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut.

Di Pulau Koko, terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya, sehingga memberikan kesejukan yang luar biasa. Saking jernihnya air di Pulau Koko, Anda bisa melihat jelas ikan–ikan kecil berenang.

Sementara, Pulau Dua Laut adalah pulau kecil yang dihuni oleh kurang lebih 30 keluarga nelayan. Pulau Dua Laut dikelilingi pasir putih yang menawan. Keistimewaan pulau ini adalah terdapat aquarium point yang sangat besar dan indah.

Ada juga gua-gua tersembunyi yang bisa kita capai dengan trekking. Gua pertama yang harus dikunjungi adalah Gua Berlian yang terletak di pulau lain.

Disebut Gua Berlian karena stalaktit di dalam gua sangat berkilau bak berlian jika tersapu cahaya gua. Karena letak guanya berada di tebing, membutuhkan usaha keras untuk menaiki tebing dengan kemiringan 70-80 derajat.

Ketinggian Gua Berlian sekitar 10 meter dari permukaan laut. Gua Berlian belum lama ditemukan karena Pulau Sombori masih tergolong sepi. Namun, menurut pengakuan seorang nelayan di sana, di Gua Berlian ada tiga peti emas.

Gua kedua yang harus dikunjungi adalah Gua Tengkorak. Sesuai namanya, di Gua Tengkorak terdapat tengkorak manusia yang belum diketahui asal-usulnya. Gua Tengkorak juga berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut. Untuk menuju Pulau Sombori, akses terdekat bisa melalui Kota Kendari. Lalu, naik kapal selama 4-6 jam untuk menuju Pulau Sombori.


Editor : Dani Dahwilani