Mengintip Indahnya Gunung Merbabu via Suwanting, Sabana Hijaunya Mirip Permadani

Vien Dimyati ยท Selasa, 10 September 2019 - 09:01 WIB
Mengintip Indahnya Gunung Merbabu via Suwanting, Sabana Hijaunya Mirip Permadani

Indahnya Gunung Merbabu via Suwanting (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pencinta wisata alam dan suka mendaki, tentu sudah tidak asing dengan gunung yang satu ini. Terletak di Jawa Tengah, Gunung Merbabu, memiliki daya pikat tersendiri bagi pendaki.

Gunung ini terletak di tiga kabupaten. Di lereng sisi barat berada di wilayah Kabupaten Magelang, sementara di lereng sebelah timur berada di wilayah Kabupaten Boyolali dan lereng sebelah utara berada di wilayah Kabupaten Semarang.

Gunung dengan ketinggian mencapai 3.145 Mdpl ini menyimpan pesona wisata alam yang menakjubkan, sehingga menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan pencinta wisata gunung. Salah satu keindahan yang tersembunyi di Merbabu adalah pemandangan bukit yang diselimuti bunga edelweiss. Pemandangan ini bisa dijumpai jika Anda mendaki Gunung Merbabu melewati jalur Selo. Pemandangannya indah.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan keindahan berbeda, cobalah mendaki Merbabu melewati jalur Suwanting di Magelang. Di sini, Anda akan melihat sabana hijau yang mirip dengan hamparan permadani luas. Bahkan, mirip di Selandia Baru. Terlihat hijau jika musim hujan, dan terlihat menguning saat kemarau.

"Pemandangan sabana di Gunung Merbabu via Suwanting, Magelang gak kalah indahnya guys! #ayodolan ke sini, memandang dan menikmati hamparan hijau di Gunung Merbabu, sabana gunung yang selalu membius para pendaki untuk singgah sejenak untuk menikmatinya. Video dolan dari @ekobagol_dregs," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Selasa (10/9/2019).

Suwanting adalah desa kecil terletak di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasinya sekitar 4 km dari gardu pandang Ketep. Traveler yang ingin mendaki melalui jalur ini pasti akan takjub dengan keindahannya.

Sejauh mata memandang, Anda hanya melihat hamparan sabana hijau. Karakter bukitnya mirip seperti punukan sapi atau unta, alias berundak-undak. Bahkan, ini menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise dan melihat hamparan awan.

Jalur Suwanting terbilang relatif aman untuk pendaki. Biasanya, sebelum melakukan pendakian, para tetua desa atau saver Gunung Merbabu memberikan pengarahan kepada para pendaki. Mereka akan memberi tahu bagaimana karakteristik jalur yang akan dilalui dan pantangan apa saja yang tidak boleh dilanggar. Bagaimana, Anda sudah siap dimanjakan dengan pemandangan sabana hijau Merbabu?


Editor : Vien Dimyati