Menikmati Kebun Bunga di Taman Selecta, Objek Wisata Kota Batu Mirip di Belanda

Vien Dimyati ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:14 WIB
Menikmati Kebun Bunga di Taman Selecta, Objek Wisata Kota Batu Mirip di Belanda

Indahnya Kebun Bunga di Taman Selecta, Kota Batu, Malang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki udara sejuk, pemandangan dataran tinggi yang indah, serta tempat rekreasi beraneka ragam, menjadikan Kota Batu, Jawa Timur mulai dilirik sebagai destinasi favorit. Dulu, kota berjuluk De Kleine Zwitserland ini masih bagian dari Kabupaten Malang.

Kini, kota yang terkenal dengan kawasan agropolitannya ini telah berdiri sendiri. Meskipun demikian, tidak sedikit yang masih menyebut kota penghasil sayur mayur dan bawang putih ini sebagai Kota Malang.

Salah satu tempat rekreasi yang paling diminati di Kota Batu adalah Taman Selecta. Di taman ini, Anda dapat melihat kebun bunga dengan beragam warna yang indah bernuansa sejuk dan asri. Banyak yang berpendapat, Taman Bunga Selecta seperti taman bunga yang ada di Belanda. Mungkin karena pendirinya juga berkebangsaan Belanda. Namanya Ruyter de Wildt. Karena itu, bangunan di sini memiliki arsitektur Belanda kuno.

"Taman Selecta dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt, pada masa penjajahan antara 1920 sampai 1928. Lokasi Taman Selecta saat itu menjadi destinasi strategis serta tempat peristirahatan bagi warga Belanda yang sedang berkunjung ke Indonesia. Daya tarik dari taman ini di antaranya memiliki udara sejuk, pemandangan taman yang indah dan bersih, serta memiliki beragam jenis bunga. Pengunjung akan betah berlama lama di lokasi wisata ini. Referensi foto: (@dwi_mardiana97)," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Rabu (21/8/2019).

Taman Selecta terbagi menjadi empat bagian tempat wisata, yaitu taman rekreasi, kebun, restoran, dan hotel. Selain itu, terdapat beberapa spot yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, seperti kolam renang, taman bunga, outbound, water park, kolam ikan, flying fox, area jogging, arena pacuan kuda, aquarium raksasa, dan masih banyak lagi. Salah satu spot wisata yang paling diminati di Taman Selecta adalah Taman Bunga.

Anda dapat menikmati hamparan bunga yang bermacam-macam di sepanjang taman seluas 18 hektare. Bahkan, sudah bisa dinikmati begitu memasuki area taman. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis bunga dengan beraneka warna yang cantik dan memanjakan mata. Bahkan, jenis bunga Keukenhof seperti yang ada di Belanda.

Berada di ketinggian 1.100 mdpl, Taman Selecta memiliki nuansa khas pegunungan. Jadi, Anda tak perlu khawatir kepanasan saat berburu spot foto cantik atau sekadar menikmati keindahan taman bunga. Taman Selecta juga memiliki danau dan sungai buatan yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil berlayar. Di sini Anda bisa melihat cinema empat dimensi. Seru dan menyenangkan. Cimena ini tergolong baru dengan sensasi berbeda. Film yang diputar akan terasa nyata.

Jika mencari spot foto selfie, Anda bisa memanfaatkan jembatan cantik dan lucu yang di sekitarnya terhampar bunga indah berwarna-warni. Di bawah jembatan ada danau yang tenang dengan air yang cukup jernih. Jembatan ini  memang spot favorit wisatawan untuk selfie. Taman Selecta terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Jarak dari pusat Kota Malang sekitar 25 km, sedangkan dari pusat pemerintahan Kota Batu sekitar empat km. Kawasan ini dekat dengan Museum Angkut dan Jatim Park.


Editor : Tuty Ocktaviany