Menikmati Keindahan Gunung Merapi Lebih Dekat dari Bukit Klangon

Vien Dimyati ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 15:07 WIB
Menikmati Keindahan Gunung Merapi Lebih Dekat dari Bukit Klangon

Kawasan Bukit Klangon Merapi, Desa Glagaharjo, Yogyakarta jadi destinasi pilihan wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lengkap tanpa menjelajahi Gunung Merapi di Sleman. Memang untuk urusan wisata alam yang Instagramable, Bantul dan Gunungkidul juaranya.

Tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Sleman untuk singgah ke Bukit Klangon Merapi, Desa Glagaharjo, lereng Gunung Merapi. Spot ini menyajikan pemandangan Gunung Merapi dengan begitu dekat dan intim. Berada di gardu pandanganya, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Merapi lebih dekat.

"Bukit Klangon Merapi, spot foto hits dengan latar belakang keindahan Gunung Merapi! #ayodolan ke Bukit Klangon di Desa Glagaharjo, lereng Gunung Merapi. Salah satu destinasi hits di Sleman yang mengandalkan gardu pandang dengan latar belakang Gunung Merapi dengan begitu dekat dan intim. Cobalah kamu datang di pagi hari saat mentari tengah menanjak. Dari sana kamu bakal bisa menyaksikan Gunung Merapi lengkap dengan puncaknya yang seakan menghembuskan nafas. Gunung Merapi wajar terasa sangat dekat karena jaraknya cuma 4 km saja dari Bukit Klangon. Tiket masuk ke sini, cukup bayar parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil," tulis Instagram @ayodolan, Selasa (19/2/2019).

Bukit Klangon merupakan nama sebutan oleh pengguna media sosial. Aslinya tempat wisata baru di kawasan Merapi ini memiliki nama Wisata Alam Bukit Glagaharjo.

Berada di sini, Anda dapat menikmati gardu pandang yang memiliki ketinggian lima meter. Selain sebagai tempat wisata dengan spot selfie gardu pandang, Bukit Klangon juga dikenal sebagai tempatnya pencinta Downhill.

Jika tertarik melihat keindahan Bukit Klangon, Anda dapat datang ketika pagi hari. Saat pagi, pemandangan Gunung Merapi terlihat lebih eksotis. Selain dapat berburu matahari terbit, Anda juga akan melihat perbukitan yang terselimuti hamparan awan dan kabut.

Secara administratif lokasi Bukit Klangon ini terletak di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Selman. Lokasinya memang terletak di daerah Kawasan Rawan Bencana III atau dekat dengan The Lost World Castle. Jika diakses dari pusat Kota Yogyakarta, membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju Bukit Klangon Merapi ini, Anda dapat mengambil rute menuju Kaliurang dan setelah ada pertigaan arah ke kaliadem/cangkringan belok kanan. Ada pertigaan menuju Merapi Golf atau The Lost World Castle ambil kanan, lurus ke timur nanti ada pertigaan ambil ke kiri lurus terus.

Dari sana sudah ada banyak plang petunjuk rute Bukit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya sekitar dua kilometer dari The Lost World Castle dan menjadi tempat tertinggi di lereng Merapi yang dihuni warga.


Editor : Tuty Ocktaviany