Menjelajahi Telaga Rambut Monte di Blitar, Airnya Kebiruan & Ada Ikan Langka

Vien Dimyati ยท Kamis, 14 November 2019 - 14:30 WIB
Menjelajahi Telaga Rambut Monte di Blitar, Airnya Kebiruan & Ada Ikan Langka

Indahnya Telaga Rambut Monte di Blitar (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona alam di Blitar memang layak untuk dijelajahi. Tidak hanya memiliki Gunung Kawi yang megah. Blitar juga memiliki objek wisata telaga yang terlihat eksotis.

Objek wisata tersebut bernama Telaga Rambut Monte yang terkenal indah tetapi menyimpan banyak cerita mistis. Telaga Rambut Monte berada di kaki Gunung Kawi, di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar.

Berada di kolam ini, Anda dapat melihat air telaga yang sangat jernih sebening kaca. Telaga ini memang tidak terlalu luas, tapi kejernihan airnya yang membias menjadi toska dapat memikat siapa saja.

Namun, ada hal menarik yang perlu diketahui ketika Anda berada di kawasan wisata situs cagar budaya Rambut Monte ini. Konon, di sini terdapat ikan langka yang menjadi jelmaan ikan dewa.

"Ternyata di lereng Gunung Kawi ada telaga keren ini loh, namanya Telaga Rambut Monte, telaga ini berada di antara pepohonan yang hijau dan ada juga candi di sini. Foto dolan dari @ivanvrdytm. Telaga Rambut Monte, Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Rabu (14/11/2019).

Di Telaga Rambut Monte, Anda akan melihat puluhan ikan berwarna hitam keabu-abuan berukuran sekitar tiga puluh sentimeter. Tak jarang beberapanya memperlihatkan sirip ke permukaan seperti ikan hiu. Penduduk sekitar menamainya ikan dewa, ada pula yang menyebutnya ikan Senggiring.

Keberadaan ikan-ikan ini juga memiliki cerita rakyat. Merurut cerita warga sekitar, telaga Rambut Monte memiliki air yang indah berwarna biru. Warna biru tersebut konon berasal dari seorang yang tidak memiliki keturunan yang bernama Mbah Monte.

Dia memiliki dua orang murid. Suatu ketika Mbah Monte kecewa terhadap tindakan dari kedua muridnya yang telah menyalahgunakan ilmu yang sudah diajarkan. Akhirnya Mbah Monte pun murka dan membakar pohon-pohon yang berada di sekitar danau. Pohon-pohon tersebut konon berubah menjadi ikan dewa sedangkan kedua muridnya menjadi dua mata air yang berada di dalam telaga Rambut Monte.

Namun secara ilmiah warna biru yang ditimbulkan merupakan adanya kandungan mineral yang keluar dari dua sumber mata air di dalam telaga. Jika tertarik untuk mengunjungi telaga ini, traveler dapat menempuh dengan kendaraan pribadi dari Kota Blitar menuju Malang dengan rute Garum-Talun-Wlingi. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Telaga Rambut Monte?


Editor : Vien Dimyati