Menjelajahi Telaga Sarangan di Magetan, Danau Eksotis Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

Vien Dimyati ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 13:18 WIB
Menjelajahi Telaga Sarangan di Magetan, Danau Eksotis Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

Keindahan Telaga Sarangan (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat menarik di Jawa Timur yang bisa dikunjungi saat liburan. Magetan, bisa menjadi salah satu pilihannya.

Apalagi Magetan juga memiliki pemandangan Gunung Lawu yang memesona. Menariknya, di balik keindahan Gunung Lawu terdapat danau eksotis yang bernama Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan ini terkenal di kalangan wisatawan di Jawa Timur. Di sini, Anda dapat melihat telaga yang luas. Tak jauh dari sana. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau Sidoramping yang menjulang tinggi di sekitar Gunung Lawu. Konon, Telaga Sarangan adalah lokasi wisata favorit para penjajah.

"Salah satu tempat menarik rekomendasi mimin adalah wisata Telaga Sarangan yang menawarkan sensasi dingin khas pegunungan. Bisa dibayangkan bagaimana menyenangkannya menghabiskan waktu libur dengan berselimut udara dingin sambil menyaksikan pemandangan yang indah. Tentu terasa sangat romantis, apalagi jika mengunjungi Telaga Sarangan ini bersama pasangan. Kalau sobat dolan penasaran langsung aja main ke Magetan. Foto dolan dari @ajiilhampratama," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (20/2/2020).

Di sini, Anda dapat menikmati telaga yang tenang. Bahkan, kejernihannya kerap dijuluki cermin raksasa. Anda dapat menikmati udara sejuk pada suhu 18-220 celsius.

Hal tersebut dikarenakan Telaga Sarangan berada pada ketinggian sekitar 1.287 Mdpl. Luas telaga sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter. Di tengah sebelah barat terdapat pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan.

Hamparan air nan tenang ini juga dikenal sebagai Telaga Pasir. Tak hanya dapat menikmati pemandangan indah ditemani udara dingin.

Anda juga bisa bermain mengelilingi telaga pakai speedboat yang disewakan, menunggangi kuda, atau menikmati beragam jajanan tradisional.

Dekat dengan Telaga Sarangan, terdapat pintu masuk menuju air terjun. Terdapat tiga air terjun di sini yaitu air terjun Pundak Kiwo, Watu Ondo, dan Jarakan.

Di sini juga terdapat bekas pesawat yang dijadikan monumen untuk mengingat peristiwa sejarah di Kota Madiun dan Kabupaten Sarangan, dimana terdapat Pangkalan Utama AURI di dekat pintu masuk.

Kawasan sekitar Telaga Sarangan dikelilingi pepohonan pohon pinus dan cemara. Bagi Anda yang menyukai petualangan, cobalah untuk menelusuri hutan pinus di sekitar Telaga. Anda akan banyak bertemu dengan monyet-monyet alam yang ada di hutan.

Melihat dari letak geografisnya, telaga ini berada di lereng Gunung Lawu bagian barat. Tepatnya di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kurang lebih sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Magetan. Bagaimana, tertarik menikmati Keindahan Telaga Sarangan?


Editor : Vien Dimyati