Menparekraf Apresiasi Cineas & Animator Muda di Police Movie Festival 2019

Vien Dimyati ยท Jumat, 08 November 2019 - 15:51 WIB
Menparekraf Apresiasi Cineas & Animator Muda di Police Movie Festival 2019

Apresiasi Cineas & Animator Muda di Police Movie Festival 2019 (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini, industri kreatif perfilman sedang diganderungi anak muda. Tidak heran jika banyak festival film diselenggarakan untuk mewadahi karya cineas dan animator perfilman.

Salah satunya Police Movie Festival (PMF) 2019 yang sudah memasuki tahun keenam. Sebanyak 386 cineas dan animator dari seluruh penjuru Tanah Air telah turut serta dalam ajang festival film terbesar di Kepolisian Republik Indonesia ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengapresiasi anak-anak muda yang mampu membuat film-film dengan kualitas lebih baik.

"Police Festival Movie 2019 menjadi salah satu cara terbaik mengirim pesan melalui karya. Ini pertama kalinya saya memberikan sambutan secara resmi sejak menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebelumnya saya cuma diundang dan hanya menjadi peserta, tapi di sini saya bersedia untuk memberi sambutan karena ini adalah basic saya di dunia hiburan," kata Whisnutama, saat menghadiri puncak acara Police Festival Movie 2019 di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Dalam puncak acara Police Movie Festival 2019 ini sudah terpilih 10 nominasi film pendek dan 10 nominasi film animasi terbaik. Masing-masing peserta mendapat penghargaan dari Polri dan tiga orang peserta kategori film pendek dan tiga orang peserta kategori film animasi juga akan mendapat penghargaan dan hadiah uang tunai.

Dalam Festival ini penjurian dilakukan secara objektif independen oleh para cineas profesional, seperti Monty Tiwa, Chiko Jericho, Prilly Latuconsina, dan Wahyu aditya.

Hadir dalam puncak acara Police Movie Festival 2019 ini Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Iqbal sebagai penyelenggara acara, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Budi Setiawan, Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Syahardiantono dan para pejabat utama Divisi Humas Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, festival ini adalah sebagai wujud kuat sinergi antara kepolisian dengan komunitas perfilman serta unsur masyarakat untuk bersama membangun situasi dan stabilitas keamanan di tengah masyarakat.

"Sinergi dan soliditas ini adalah formula yang tepat, karena dengan melihat konteks perubahan yang dihadirkan oleh revolusi industri 4.0, maka lansekap keamanan juga menjadi kebutuhan dan kewajiban bersama, bahkan perlu dihadirkan melalui program dan kegiatan yang sesuai tren di masyarakat," kata Muhammad Iqbal.

Muhammad Iqbal menambahkan, festival ini adalah wadah kreatif yang digagas oleh para generasi muda Polri bersama dengan Divisi Humas Polri. Tujuannya tidak hanya untuk menjangkau komunitas perfilman, tetapi produk filmnya sendiri yang akan disebarluaskan kepada seluruh masyarakat melalui berbagai media sosial maupun media lain.

Selain itu, festival ini juga independen. Sebagai penyelenggara, Kepolisian tidak terlibat langsung dalam pembuatan produksi. "Murni ini adalah karya dari masyarakat untuk masyarakat, dinilai oleh para dewan juri dan kurator yang mumpuni keahlian dan profesinya di bidang perfilman," katanya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Ari Dono dalam sambutannya merasa bangga dengan kreativitas dari panitia PFM 2019 yang mampu berperan serta dalam membantu tugas Polri dalam menegakkan Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) dan meningkatkan kepercayaan publik.

“Police Movie Festival merupakan salah satu sarana dalam menjaga keutuhan bangsa dan juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan pesan dan harapannya kepada Polri, sehingga dapat membangun Polri ke arah yang lebih baik dan terbentuk trust dan sinergi yang baik antara Polisi dan masayarakat," tutur Komjen Ari Dono.

Mantan Kabareskrim Polri ini punya harapan agar PFM dan komunitas perfilman di Indonesia semakin dipandang untuk mendapatkan panggung di kancah nasional maupun Internasional. Tak lupa, Komjen Ari Dono juga mengapresiasi kepada seluruh pihak yang turut membantu dalam mensukseskan gelaran PFM 2019 ini.


Editor : Vien Dimyati