Mister Aladin Paparkan Cara Berdayakan Industri Pariwisata Lokal dalam Webinar bersama Kemenparekraf
Sebagai upaya lanjutan membantu pariwisata lokal, kami akan memfasilitasi pembangunan atau peremajaan homestay di daerah wisata lokal seperti desa-desa wisata. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Jadi, sebelum dipasarkan, homestay di daerah wisata lokal yang berpotensi harus dipoles supaya memiliki daya jual tinggi," tutur Primasari Setyaningrum.
Di sisi lain, selain fasilitas yang memadai, pemberdayaan industri pariwisata lokal juga merangkap tiga hal krusial lainnya. Hal ini disampaikan oleh Praktisi Pemasaran Pariwisata Indonesia, Wisnu Arimbawa.
Menurut dia, tiga hal krusial pemberdayaan pariwisata lokal mencakup keunggulan produk, product delivery, dan pemasaran digital. Pertama, harus dikonsentrasikan pada keunggulan produk yang dijual, setelah fasilitas yang dipoles. "Kita sebagai pelaku industri pariwisata harus paham akan originalitas dari yang kita jual, daya tariknya bagaimana, tren yang sedang digandrungi masyarakat seperti apa," kata Wisnu Arimbawa.
Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah product delivery yang ditawarkan oleh pelaku pariwisata lokal. Product delivery yang baik dari pihak penjual kepada pelanggan memiliki kepentingan yang besar dalam membangun kepercayaan, memenuhi ekspektasi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Lanjutnya, konsentrasi yang terakhir mengacu pada pemasaran produk yang dijual secara digital. Seiring perkembangan zaman yang modern, tentu moderator penjualan pun harus secara modern dan digital.