Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi Mengenal Hewan Prasejarah

Vien Dimyati ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 15:21:00 WIB
Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi Mengenal Hewan Prasejarah
Menjelajahi Museum Zoologi Bogor (Foto : Instagram@tigajamdarijakarta)

JAKARTA, iNews.id - Bogor menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang populer dikunjungi wisatawan. Travelling ke Bogor tidak harus mencari objek wisata alam dan kuliner lezat. Anda bisa juga mendapatkan pengalaman berbeda di sini.

Salah satunya memilih objek wisata museum. Selain murah, Anda bisa memberikan edukasi kepada anak-anak. Museum Zoologi bisa menjadi tempat menarik yang dikunjungi.

Museum Zoologi berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai hewan. Di sini, Anda bisa mengajak si kecil mempelajari semua tentang fauna. Ada hewan-hewan langka yang menarik, ada pula beberapa hewan umum yang diawetkan seperti burung, kepiting, serangga dan ikan.

Museum ini didirikan pada 1984. Penggagas dari kawasan ini adalah J.C. Koningsbeger. Beliau adalah ahli botani yang berasal dari Jerman. Dia juga merupakan tokoh perintis pengembangan Kebun Raya Bogor. Lewat jasa ahli botani ini, Museum Zoology mempunyai beberapa koleksi seperti kepiting yang berukuran besar.

J.C. Koningsberger juga mengumpulkan berbagai macam jenis hewan dari Indonesia dan beberapa dari berbagai belahan dunia. Berada di sini, Anda bisa melhat beragai macam koleksi unik. Ada kurang lebih 20 ribu jenis fauna seperti moluska, krustasea, serta beberapa hewan antropda. Ada juga reptil dan mamalia.

 

"Berbeda dengan Museum Balai Kirti yang menjadi salah satu tempat bersejarah tentang Bangsa Indonesia. Museum Zoologi Bogor akan memberikan edukasi dan informasi kepada Kalian terkait dengan zoologi, atau dunia flora dan fauna yang ada di Indonesia serta dunia," tulis Instagram @tigajamdarijakarta, dikutip Jumat (7/2/2020).

Memiliki luas bangunan kurang dari 1.000 meter, di sini terdapat tujuh ruang pamer. Berada di sini, Anda juga akan melihat hewan paus biru. Mamalia terbesar di dunia ini menjadi ikon di Museum Zoologi.

Paus biru ini ditemukan di daerah Pameungpeuk, Garut pada 1961. Paus ini terdampar dan mati. Tubuhnya kemudian dibawa ke bogor untuk diawetkan.

Selain itu ada juga badak yang memiliki berat 2 ton. Ini merupakan badak terakhir yang ada di Tasikmalaya. Badak ii mati karena dibunuh oleh pemburu gelap.

Selai itu, ada juga aneka macam ikan yang diawetkan. Di sini ada banyak ikan langka, seperti ikan Janglius yang memiliki hidung panjang. Ada juga ikan gergaji sepanjang 5 meter. Ikan ini sudah ada di museum ini sejak 1924.

Masih ada banyak koleksi lainnya di museum ini yang tentunya akan membuat Anda penasaran. Anda bisa langsung datang ke museum untuk belajar tentang zoologi. Masuk ke dalam museum ini cukup membayar tiket Rp14.000.

Museum ini buka setiap hari, Senin-Kamis buka pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB. Jumat buka pukul 08.00 WIB - 11.30 WIB, 13.00 WIB - 16.00 WIB. Libur buka pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

Museum Zoologi berlokasi di Kebun Raya Bogor, atau tepatnya di Jalan H. Juanda Nomor 09, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Editor : Vien Dimyati