Nikmati Keindahan Gunung Agung dari Puncak Pura Lempuyang, Populer di Kalangan Wisatawan

Vien Dimyati ยท Kamis, 21 November 2019 - 15:06 WIB
 Nikmati Keindahan Gunung Agung dari Puncak Pura Lempuyang, Populer di Kalangan Wisatawan

Menikmati keindahan Gunung Agung bisa dari Puncak Pura Lempuyang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya pantai yang menjadi spot paling populer untuk dikunjungi saat berwisata ke Bali. Tetapi, deretan pura-pura eksotis dan sakral juga diincar banyak wisatawan.

Salah satu pura di Bali yang sangat populer dikunjungi adalah Pura Lempuyang. Pura Lempuyang Luhur merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Pura ini berlokasi di wilayah bagian Timur Pulau Dewata. Tepatnya di Kabupaten Karangasem.

Pura Lempuyang Luhur menjadi tujuan mendaki yang cukup menarik bagi wisatawan. Terutama mereka yang menginap di wilayah Bali Timur seperti Amed, Tirtagangga dan Candidasa karena lokasinya berdekatan.

Berada di sini, traveler dapat berswafoto dengan background Gunung Agung yang megah. Pemandangannya sangat eksotis karena berada di puncak Gunung Lempuyang atau puncak Bukit Bisbis. Untuk mencapai pura ini, traveler harus menaiki 1.700 anak tangga.

"Pura Lempuyang. Pura dengan ke Aestheticsnya tersendiri. Sebenernya dibalik awan Sunset ini ada background megah Gunung Agung. Menurut pengelola di pura ini, waktu terbaik untuk foto di sini saat sunrise di sekitar Pk 05.00 sampai 06.00 WITA. Untuk sunset time, panoramicnya tetep bagus nggak kalah sama waktu sunrise, tapi hati hati semakin lama semakin gelap, transport dari pura ke jalan utama lumayan jauh dan berkelok serta penerangan yang masih minim. Jadi hati hati kalau mampir waktu sunset," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (21/11/2019).

Pura Lempuyang adalah salah satu Pura tertua dan paling dihormati di Bali. Penghormatan ini setara dengan Besakih yang biasa disebut The mother temple of Bali. Mengenai usia dan kedudukan pura, kedua pura ini diyakini melebihi dari mayoritas pura lain di Pulau Bali.

Pura lempuyang berada di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangaem, Bali. Jika berangkat dari Kota Denpasar, Pura Lempuyang bisa dicapai melalui kawasan wisata Candi Dasa melewati kota Amlapura (Ibu Kota Kabupaten Karangasem) dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan dengan motor.

Alternatif jalur lainnya adalah melalui Kecamatan Selat Karangasem, melalui Kota Semarapura dengan mengambil arah jalan ke Besakih. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Gunung Agung dari Puncak Pura Lempuyang?


Editor : Tuty Ocktaviany