Nikmati Puncak Prau Sebelum Ditutup pada 2020, Bisa Lihat 5 Gunung & Bukit Teletubbies

Vien Dimyati ยท Jumat, 29 November 2019 - 13:43 WIB
Nikmati Puncak Prau Sebelum Ditutup pada 2020, Bisa Lihat 5 Gunung & Bukit Teletubbies

Nikmati keindahan Puncak Prau. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Gunung Prau yang berada di dataran tinggi Dieng selalu saja membuat para pendaki takjub. Tak hanya memiliki hamparan bunga Daisy yang berada di Bukit Teletubbies. Berada di Puncak Prau, traveler dapat menikmati kemegahan lima gunung, seperti Sindoro,  Sumbing, Merapi, Merbabu, hingga Slamet.

Eksotisme gunung yang menyajikan golden sunrise memesona ini sudah sangat populer di kalangan para pendaki. Jadi jika Anda ingin menikmati Prau, sebaiknya dilakukan hingga akhir 2019.

Jalur pendakian Gunung Prau akan ditutup sementara mulai 5 Januari hingga 5 April 2020. Penutupan tersebut bertujuan untuk pemulihan jalur, pembersihan sampah, reboisasi, pendataan ekosistem, dan evaluasi.

Penutupan dilakukan rutin setiap tahun untuk memperbaiki jalur pendakian, sekaligus melakukan penghijauan.

"#ayodolan ke Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah sebelum ditutup pada awal tahun 2020 guys. Tag temen yang ingin kamu ajak dolan ke sini ya guys" tulis Instagram @ayodolan, Jumat (29/11/2019).

Gunung yang terletak di Wonosobo ini, terkenal indah karena pemandangan Bukit Teletubbies di bagian puncaknya. Jika traveler mendaki Gunung Prau, di puncak akan terlihat hamparan bunga daisy yang berwarna-warni. Terlihat indah seperti di film Teletubbies. Berada di puncak Prau, jangan lewatkan untuk berburu sunrise dan sunset. Langit malam bertabur bintang ini akan menjadi view terindah di kawasan Dieng.

Di musim liburan, gunung yang dijuluki ‘Gunung Seribu Bukit’ ini bisa dijejali sampai ratusan pendaki. Biasanya, mereka berangkat malam hari, menghabiskan malam di camping ground untuk menikmati sunrise dan turun kembali.

Sebagian besar pendaki Gunung Prau hanya sampai di kawasan camping ground, di ketinggian 2.565 meter. Sementara puncak tertingginya berada di 2.590 meter di atas permukaan laut.

Gunung Prau menjadi salah satu gunung favorit pendaki dan pelancong karena kemudahan dan pemandangan indahnya. Tak hanya sunrise dan sunset, saat hari cerah, Telaga Warna dan bukit-bukit di sekeliling Dataran Tinggi Dieng juga terlihat dari gunung Prau.

Jika Anda tertarik untuk berkemah di puncak Gunung Prau, nikmati pula suasana malam yang indah. Taburan bintang di langit malam yang disebut Milky Way akan sangat terlihat cantik. Sambil menunggu pagi, Anda dapat berburu sunrise yang menakjubkan.

Untuk transportasi menuju ke lokasi pendakian yang terpenting adalah memilih jalur transportasi ke arah tempat wisata Dieng. Dari arah Yogyakarta, jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 2,5-3,5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Adapun biaya retribusi sebesar Rp10.000 per orang, sudah termasuk asuransi, dan bisa dibayarkan ketika mendaftarkan diri sebagai pendaki di basecamp. Pembayaran bisa dilakukan secara kolektif, sehingga bagi rombongan pendaki bisa membayar melalui perwakilan saja. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan alam di Gunung Prau?


Editor : Tuty Ocktaviany