Pandemi Covid-19 Jadi Momen Paus Bungkuk Berkembang Biak

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 19:22:00 WIB
Pandemi Covid-19 Jadi Momen Paus Bungkuk Berkembang Biak
Paus bungkuk berkembang biak (Foto : Lonely planet)

NEW YORK, iNews.id - Penerapan lockdown di sejumlah negara, hampir memasuki bulan kelima. Dampak dari tidak adanya aktivitas manusia di sekitar pelabuhan, membuat makhluk lain seperti ikan paus, bebas berkeliaran.

Dilansir dari Lonely Planet, Rabu (6/5/2020), ikan-ikan paus ini seperti mendapatkan waktu luang tanpa terganggu oleh aktivitas kapal pesiar dan kontainer yang selalu mengeluarkan suara bising di dalam lautan.

Kesempatan ini dimanfaatkan para ilmuwan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dampak polusi suara di laut terhadap ekosistem. Mereka berasumsi, suara-suara yang dihasilkan lumba-lumba maupun ikan paus, tertutup oleh raungan mesin kapal.

"Suara mesin kapal membuat beberapa ikan paus bungkuk, tidak pernah mengenal lautan yang tenang," kata ahli suara akustik laut dari Cornell University, Michelle Fournet.

Seperti diketahui, aktivitas perkapalan seperti ekspor peti kemas trans-Pasifik antara China dan Amerika Serikat turun 22 persen di awal 2020, atau saat pandemi Covid-19 (virus corona) menyerang.

Tak hanya itu, mewabahnya virus corona juga telah menghentikan industri kapal pesiar, dan sebagian besar operator menunda operasi dari pertengahan Maret hingga 30-60 hari ke depan.

Secara kebetulan, munculnya Covid-19 bertepatan dengan musim persalinan untuk paus bungkuk di lepas pantai Hawaii. Ini merupakan peristiwa besar dan langka serta menjadi momen awal migrasi paus abu-abu dari Laut Bearing ke Semenanjung Baja.

Mamalia itu akan leluasa mencari pasangan dan memindahkan keluarganya ke tempat makan musiman tanpa terganggu aktivitas manusia. Terakhir kali laut sepi di saat peristiwa serangan teroris New York 11 September 2001 lalu.

Editor : Vien Dimyati