Pariwisata Pascapandemi, Digitalisasi Tempat Wisata Permudah Wisatawan Liburan

Vien Dimyati · Senin, 26 September 2022 - 21:59:00 WIB
Pariwisata Pascapandemi, Digitalisasi Tempat Wisata Permudah Wisatawan Liburan
Digitalisasi pariwisata permudah wisatawan liburan (Foto: bloomidea)

JAKARTA, iNews.id - Digitalisasi di sektor pariwisata sangat penting untuk membangkitkan pariwisata di Tanah Air. Apalagi, kini perilaku masyarakat makin akrab dengan dunia digital. 

Pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari dua tahun membuat pelaku wisata beralih kepada digitalisasi pariwisata.

Hans Manansang, Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPP Putri) mengatakan, menyusul melandainya pandemi di Indonesia, sektor pariwisata yang terkena dampak mulai menggeliat. Taman rekreasi dan tempat wisata kembali menghadirkan banyak program baru. 

Menurut dia, salah satu program terbaru adalah menggandeng mitra teknologi untuk membantu pelaku wisata memanfaatkan teknologi digital. "Kemitraan DPP Putri dengan Gem Solution by Goers ini didorong dalam rangka mendukung anggota untuk menyambut perkembangan teknologi, dan salah satunya dengan digitalisasi wisata rekreasi yang mereka kelola," kata Hans melalui keterangannya dikutip pada Senin (26/9/2022).

Hans mengatakan, kemitraan dalam teknologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan, efisiensi dan kemajuan secara teknologi bagi anggota. Hal ini juga sesuai dengan amanah dari Menparekraf Sandiaga Uno agar pengelolaan destinasi wisata harus ditunjang dengan pemanfaatan teknologi untuk menciptakan destinasi wisata yang aman, nyaman dan berkualitas.

Lebih lanjut menurut Hans, masih ada anggapan digitalisasi tempat wisata itu butuh investasi yang besar. Padahal, dengan sistem kemitraan yang dirancang oleh Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia dan GEM Solution by Goers, dana investasi yang dibutuhkan untuk penggunaan teknologi digital bisa diminimalisasikan.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda