5 Tempat Tereksotis di Pulau Komodo, Salah Satunya Terapit di Antara Gunung Karang

Vien Dimyati ยท Rabu, 01 April 2020 - 11:50 WIB
5 Tempat Tereksotis di Pulau Komodo, Salah Satunya Terapit di Antara Gunung Karang

Keindahan Pulau Komodo (Foto : Instagram@Indonesiajuaratrip)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo. Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menyimpan banyak destinasi eksotis untuk dijelajahi.

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan rumah bagi habitat hewan langka di Indonesia. Tentu mengasyikkan bila wisatawan bisa melihat langsung kehidupan hewan yang dilindungi di Pulau Komodo.

Bukan hanya di Pulau Komodo, habitat komodo juga ada di pulau yang berdekatan dengannya. Seperti di Pulau Rinca. Di pulau tersebut, wisatawan bisa leluasa melihat dan mengamati pola keseharian komodo.

Masih banyak tempat lain di Pulau Komodo yang eksotis. Tempat ini memiliki daya pikat tersendiri.

Ingin tahu apa di mana saja tempat tereksotis di Pulau Komodo? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (1/4/2020).

Pulau Rinca

Berada di Pulau Komodo, jangan lewatkan untuk singgah ke Pulau Rinca. Di sini terdapat tempat yang tepat untuk melihat kawanan komodo. Wisatawan bisa mendaki Bukit Ara (538 mdpl). Di atas gunung itu, kawanan komodo banyak hidup secara liar. Selain komodo, satwa lain yang bisa dilihat, yaitu rusa liar, banteng hingga kuda liar.

Pink Beach

Di Pulau Komodo, Pink Beach menjadi tempat populer dikunjungi. Namun, karena berada di sisi yang berbeda dengan pintu masuk Taman Nasional sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit perjalanan dengan menggunakan kapal.

Panjang bibir pantai Pink Beach tergolong pendek karena terletak di teluk yang diapit oleh gunung-gunung karang raksasa. Dianjurkan membawa peralatan snorkeling karena selain pasir pantai yang menggoda dengan warna pink, pemandangan bawah lautnya juga menakjubkan.

Wae Rebo

Desa yang berada di tengah pegunungan ini juga tak kalah menarik dengan tempat lain yang ada di Pulau Komodo. Barisan pegununan yang seolah melindungi Desa Wae Rebo menjadi suguhan pemandangan yang memanjakan mata. Mengingat lokasinya yang masih terisolir dari dunia luar, membuat masyarakat yang tinggal di Desa Wae Rebo beraktivitas dengan menggunakan alat-alat tradisional. Satu yang menarik dari Desa Wae Rebo ini adalah bentuk rumah kerucutnya.

Manta Point

Kawasan Pulau Komodo juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di Pulau Komodo, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti menyelam atau snorkeling. Salah satu titik selam yang paling terkenal di Pulau Komodo adalah Manta Point.

Manta point berlokasi di Loh Liang, Taman Nasional Komodo. Tempat tersebut bisa ditempuh sekitar 25 menit dari Pink Beach. Seperti namanya, Manta Point menjadi lokasi yang cocok untuk melihat langsung Manta, spesies ikan pari terbesar di dunia.

Manta Ray bisa dilihat dari kapal, tetapi jika ingin menyelam, Anda bisa melihat dan menyentuh langsung. Tentunya ditemani oleh profesional.

Pulau Padar

Tempat ini paling fotogenic di Pulau Komodo sehingga wajib untuk dikunjungi. Pulau ini terletak di antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Pulau ini memiliki daya tarik berupa bukit dan perairan yang eksotis. Di pulau ini hanya sedikit komodo yang bisa ditemui.

Bukit di pulau ini bisa didaki oleh pengunjung. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Dari atas bukit, wisatawan bisa menyaksikan tiga teluk yang begitu eksotis.

Editor : Vien Dimyati