Raja Ampat Mini ala Kampar Riau, Pulau-Pulau Kecilnya Terlihat Eksotis

Vien Dimyati ยท Kamis, 07 November 2019 - 17:23 WIB
Raja Ampat Mini ala Kampar Riau, Pulau-Pulau Kecilnya Terlihat Eksotis

Pesona Raja Ampat Mini ala Kampar Riau. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bila impian ke Raja Ampat, Papua belum tercapai, mungkin Anda bisa berkunjung dahulu ke Raja Ampat mini di Koto Kampar, Riau. Meski tidak sama persis, tetapi keindahannya menyerupai Raja Ampat. Lautnya kebiruan dan memiliki gugusan pulau eksotis.

Ulu Kasok merupakan destinasi wisata hits terbaru di kabupaten Kampar dan sekilas mirip dengan Raja Ampat.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat pagi dan sore hari. Bahkan, wisatawan dari luar daerah selalu memadati tempat ini di hari libur. Ulu Kasok menawarkan tiga objek wisata utama, di antaranya pulau yang bisa dijelajahi menggunakan speedboat, Air Terjun Ulu Kasok, dan Puncak Ulu Kasok. Dari ketiga destinasi ini, puncak Ulu Kasok menjadi destinasi unggulan yang banyak diburu wisatawan.

Untuk mencapai puncak dibutuhkan tenaga ekstra dengan cara berjalan kaki, dan mendaki bukit dengan jarak berkisar 500 meter.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika sudah berada di Puncak rasa lelah akan terbayarkan. Anda akan disuguhi pemandang eksotis dengan beberapa spot foto Instagramable.

"Destinasi ini sebenarnya bernama Ulu Kasok, namun keindahannya kerap kali disandingkan dengan Raja Ampat di Papua. Ulu Kasok sebenarnya adalah danau air tawar dengan pulau-pulau kecil di tengahnya. Pemandangan inilah yang menciptakan kesan seperti sedang berada di Pianemo-Raja Ampat. Salah satu atraksi wisata yang paling favorit di Ulu Kasok ialah berburu foto di puncaknya. Untuk mencapai puncaknya, Sobat Pesona harus mendaki bukit setinggi 500 meter terlebih dahulu. Meskipun sedikit menguras tenaga, namun dijamin mata akan terpuaskan melihat bentangan alam Ulu Kasok yang eksotis. Bagaimana Sobat, mau ke Ulu Kasok dulu atau langsung ke Raja Ampat?," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Kamis (7/11/2019).

Sebelum jadi destinasi yang mirip dengan Raja Ampat dan banyak dikunjungi wisatawan, Ulu Kasok sebenarnya adalah perkampungan warga yang direlokasi untuk ditenggelamkan karena adanya proyek PLTA pada 1991. Setelah perkampungan ditenggelamkan, bukit-bukit di sekitar yang terendam kini tampak mirip gugusan Pianemo Raja Ampat jika dilihat dari ketinggian.

Pada awalnya, tempat ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk lokasi tambak ikan. Namun pada 2017 menjadi objek wisata dengan beraneka spot yang Instagramable. Cocok untuk Anda yang berswafoto.

Untuk dapat merasakan pengalaman seru ala Raja Ampat ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Namun jika ingin berkeliling pulau-pulau Ulu Kasok menggunakan speedboat, Anda perlu beli tiket tambahan seharga Rp15.000.

Ulu Kasok terletak di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Jarak destinasi wisata ini dari Kota Bangkinang hanya 15 km, tapi jika Anda dari luar Pulau Sumatera, bisa menggunakan pesawat dan turun di bandara Pekanbaru untuk melanjutkan perjalanan darat sejauh 90 Km dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Akses jalannya menuju tempat ini cukup nyaman karena melintasi jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh, yang di sisi kiri kanan jalan dipenuhi pemandangan perkebunan sawit dan pepohonan. Bagaimana, tertarik menjelajahi Raja Ampat ala Kampar Riau?


Editor : Tuty Ocktaviany