Rayakan HUT DKI, Besok Masuk Museum di Jakarta Gratis

Vien Dimyati ยท Senin, 25 Juni 2018 - 12:06:00 WIB
Rayakan HUT DKI, Besok Masuk Museum di Jakarta Gratis
Wisata museum di Jakarta (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ada kabar gembira bagi Anda pencinta koleksi sejarah. Beberapa museum yang dikelola Pemrov DKI Jakarta akan dibebaskan biaya masuk pada Selasa 26 Juni 2018.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta membebaskan biaya tiket masuk museum. Ketentuan ini hanya berlaku di museum-museum yang dikelola Pemprov DKI Jakarta saja.

"Semua museum (di Jakarta) pada 26 Juni, yang di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta itu gratis, dalam rangka HUT Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Tinia Budiati di Jakarta, belum lama ini.

Adapun beberapa museum yang dibebaskan biaya masuk adalah museum yang berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bahari.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, yakni Museum Tekstil, Museum Joang'45, Museum MH Thamrin, dan Museum Prasasti. Lantas seperti apa rupa museum-museum tersebut? Berikut ulasan iNews.id, Senin (25/6/2018).

Museum Sejarah Jakarta/Museum Fatahillah

Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Ini adalah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi. Berada di museum ini pengunjung dapat melihat objek perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia.

Museum Wayang

Namanya juga Museum Wayang, tentunya museum ini memiliki berbagai macam jenis wayang. Mulai dari wayang Indonesia hingga boneka dari mancanegara. Jika berkunjung ke museum ini, Anda akan mengenal dan melihat koleksi wayang kulit, wayang golek, koleksi wayang, dan boneka dari negara tetangga seperti seperti Malaysia, Thailand, Suriname, China, Vietnam, Prancis, India dan Kamboja. Termasuk koleksi set gamelan dan lukisan wayang.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum seni rupa dan keramik Jakarta ini awalnya didedikasikan untuk menampilkan tentang seni rupa tradisional dan keramik dari Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta masuk dalam kategori pusat pelestarian seni rupa bertaraf internasional. Bukan saja memajang karya seni rupa dan keramik dari Indonesia, museum ini juga berfungsi menyimpan, merawat, mengamankan, meneliti, dan memeragakan beragam koleksi keramik dan karya seni rupa dari berbagai masa.

Museum Bahari

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu, ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

Editor : Vien Dimyati