Sandiaga Uno Ajak Menlu Singapura Bahas Peluang Travel Bubble

Vien Dimyati ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 16:35:00 WIB
Sandiaga Uno Ajak Menlu Singapura Bahas Peluang Travel Bubble
Sandiaga Uno Bahas Peluang Travel Bubble (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus untuk memulihkan pariwisata nasional. Bahkan, Kemenparekraf menyiapkan berbagai strategi untuk fokus meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara.

Meski demikian, saat ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan membahas peluang untuk menerapkan perjalanan tanpa karantina (travel bubble). 

Travel bubble adalah kesepakatan dengan negara lain untuk membuka akses masuk untuk turis agar timbul gelembung atau koridor perjalanan. Rencana ini dilakukan untuk memudahkan perjalanan wisatawan keluar masuk Indonesia termasuk dari Singapura yang selama ini menjadi negara penyumbang jumlah wisman terbesar ke Indonesia. 

Menparekraf Sandiaga mengatakan, meski Indonesia saat ini masih fokus meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan membuka pintunya untuk melakukan travel bubble. Dengan catatan, hal itu tergantung pada ada tidak adanya perubahan dalam status Covid-19 di setiap negara. 

"Untuk jangka pendek dengan segala ketidakpastian ini, kita sekarang lebih fokus pada pariwisata nusantara. Akan tetapi saya rasa tidak menutup kemungkinan pastinya untuk merenggangkannya, seperti dengan Singapura. Sebab, salah satunya saya rasa titik masuk wisatawan dari Singapura adalah Batam dan Bintan," ujar Menparekraf Sandiaga. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda