Sandiaga Uno: Program Exotisme Lombok Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia
"Ekonomi kita butuh dorong-dorongan. Dari data 2021 tidak kurang dari 4,1 juta UMKM sudah on boarding, dua kali lipat dari target awal 2 juta UMKM. On boarding saja tidak cukup, tantangan berikutnya adalah bagaimana bisa membantu UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan nilai transaksi," tambah Sandiaga Uno.
Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengunjungi tidak hanya penjualan offline yang terkendala pandemi Covid-19 namun juga transaksi online melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah sebab pandemi ini justru menjadi kesempatan untuk mendorong UMKM naik kelas dengan mengakselerasikan on holding digital menjadi pandemic benefit.
Di tahun 2021, Kemenparekraf sedang memahat sejarah, mengawali kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif serta memulihkan ekonomi Indonesia. Dengan semua dukungan KL, dan gerakan nasional bangga buatan Indonesia adalah juga merupakan satu semangat bangga berwisata di Indonesia.
"Ini kolaborasi untuk mensukseskan dan langsung fokus mendukung daerah target masing-masing. Bulan lalu Kemenparekraf meluncurkan kampanye beli kreatif Danau Toba serta sebelumnya dengan beberapa UMKM meluncurkan Beli kreatif Bali yang disiarkan langsung dari beberapa lokasi di Sumatera Utara dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Beli Kreatif Danau Toba memfasilitasi produk artisanal, subsektor, fashion, kuliner dan kriya. Mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas," tutur Sandiaga Uno.
Dalam kesempatan tersebut Menparekraf mengucapkan terima kasih, karena ini tidak mungkin dilaksanakan dengan kolaborasi multi stakeholder.
"Di masa-masa sulit seperti sekarang ini, ternyata kolaborasi, inovasi dan adaptasi ini menjadi kunci keberhasilan, ini juga tiga pilar yang kami usung di Kemenparekraf. Dan program beli kreatif Danau Toba dari sisi sektor pariwisata disempurnakan dengan bangga berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaSaja," kata Sandiaga Uno.
Kemenparekraf juga meluncurkan platform jaringan pariwisata JP Hub yang dilengkapi fitur pendataan dan pemetaan destinasi wisata yang lengkap. JP Hub merupakan utilisasi dari program Look, Book, and Pay. Dan ini juga dilengkapi dengan sistem pembayaran digital.
Dan yang tak kalah penting kata Sandiaga Uno, seluruh rangkaian aktivitas ini telah tersertifikasi CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Keberlanjutan Kelestarian Lingkungan).
"Kami juga melihat UMKM harus diberikan semangat agar mereka optimistis. Pemerintah bergandengan tangan agar UMKM bertahan untuk bangkit. Jangan segan-segan untuk datang kepada Kemenparekraf agar produk-produk dan program-program yang mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif bisa hadir dan di adaptasi, berinovasi serta berkolaborasi," ujar Sandiaga Uno.
"Kami tentunya berharap agar Exotisme Lombok ini mudah-mudahan memulihkan ekonomi dan pariwisata. Saya yakin dengan kita berpihak serta berbelanja di UMKM Lokal dan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) oleh Bank Indonesia ini merupakan bentuk untuk membangkitkan ekonomi dan memulihkan ekonomi kreatif kita. Selamat untuk NTB, saya sendiri juga memakai produk dari Desa Suka Rare dan beberapa desa wisata yang sudah kami fasilitasi menjadi desa wisata berkelanjutan. Terima kasih Bank Indonesia dan sukses program karya kreatif Indonesia," ujar Sandiaga Uno.
Editor: Vien Dimyati