Seru! Kemenparekraf Siapkan Perayaan HUT Ke-79 RI, Ada Event Kesenian hingga Produk Ekraf
JAKARTA, iNews.id - Peringatan HUT ke-79 RI akan berlangsung meriah di Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menyiapkan event kesenian dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan.
Kemenparekraf juga berkoordinasi dengan pihak-pihak pendukung, tidak terkecuali dengan Kementerian Sekretariat Negara.
“Nih orang-orang sering bertanya, jadi nggak HUT di IKN? Tapi yang jelas, hingga saat ini Kemenparekraf terus berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat negara dan pihak-pihak pendukung,” ujar Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya, dalam ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ (WBSU), di kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin, (10/6/2024).
Nia membeberkan sejumlah peran dari Kemenparekraf dalam perayaan ulang tahun kemerdekaan di IKN. Mulai dari mempersiapkan acara kesenian, side event, hingga membuat aktivasi galeri UMKM.
“Apa peran Kemenparekraf ketika perayaan ulang tahun kemerdekaan ke-79 di IKN? Ada 4 hal, yang pertama adalah penampilan kesenian pada acara ini, kemudian juga pelaksanaan side event, yang ketiga, tentu kami bersama ADG membuat logo perayaan dan juga aktivasi galeri UMKM di sumbu kebangsaan. Itulah yang bisa kita lakukan,” kata Nia.
Lantas, persiapan apa saja yang dilakukan Kemenparekraf dalam menampilkan event kesenian di HUT ke-79 RI nanti? Nia menyebut, dia akan melakukan kurasi, hingga menyiapkan tim kreatif.
Kemenparekraf juga telah berkoordinasi dengan line up talent, penyanyi hingga KOL. Bahkan, mereka juga akan menggelar lomba kreasi video yang akan menggandeng Kristian Hansen.
Sebagai informasi, Kristian Hansen merupakan seorang YouTuber asal Denmark yang kini menetap di Jakarta. Dia diketahui kerap membuat konten tentang pengalaman saat berkeliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
“Sekarang apa nih untuk penampilan kesenian? Ya kita melakukan kurator, kemudian ada tim kreatifnya, kemudian juga melakukan pemilihan ragamnya apa, itu bersama Pemda tentunya ya,” katanya Nia.
"Kemudian line up talent atau penyanyi. Kemudian side eventnya apa? Side eventnya itu kita berkoordinasi dengan KOL dan juga melakukan lomba kreasi video. KOL nya itu adalah Kristian Hansen dan juga beberapa,” katanya.
Tak sampai di situ, Kemenparekraf juga akan melakukan promosi produk-produk ekonomi kreatif dari Kalimantan Timur. Mulai dari produk kriya, kuliner, hingga fashion.
Nantinya, dalam kesempatan tersebut akan diselenggarakan kegiatan bedah desain kemasan agar para pelaku UMKM semakin kreatif menciptakan produk dengan kemasan yang menarik. "Ada juga promosi produk-produk ekrafnya Kaltim, masuk ke dalam warung Rojali, Rombongan Jadi Beli, ini karena strategi pemasaran kita juga,” ujar Nia.
“Dan apa subsektornya? Yaitu kriya, kuliner dan fashion. Kemudian kita juga mendesain 25 UMKM melalui kegiatan bedah desain kemasan. Kan kadang, produk bagus, tapi tampilan nggak bagus. Nah orang tuh udah, ah nggak deh. Artinya, produk bagus, tampilan juga penting,” kata dia.
Editor: Vien Dimyati