Serunya Wisata Air Terjun Suban Lubuklinggau, Ada Kolam Air Panas dan Situs Kuno

Vien Dimyati ยท Selasa, 03 September 2019 - 12:16 WIB
Serunya Wisata Air Terjun Suban Lubuklinggau, Ada Kolam Air Panas dan Situs Kuno

Keseruan wisata di Air Terjun Suban (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bila Anda sedang bepergian ke Bengkulu dan melintasi Lubuklinggau, cobalah melipir ke Air Terjun Suban. Air terjun ini terletak di dalam kawasan objek wisata Suban Air Panas.

Jadi, Anda bisa mendapatkan banyak spot wisata dalam satu kawasan. Mulai dari pemandian air panas, air terjun, situs bebatuan nan alami, taman, hingga wahana permainan anak.

Air Terjun Suban memiliki dua air terjun dengan ketinggian berbeda. Air terjun pertama memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Letaknya berdekatan dengan pintu masuk. Sedangkan yang kedua tingginya sekitar 15 meter, berada di dalam pemandian air panas.

Namun, yang kerap dikunjungi traveler air terjun kedua. Karena terdapat air panas yang menyegarkan. Air ini digunakan untuk mengisi kolam pemandian yang terdapat di bawahnya. Ketika ada di bawah pancuran, Anda akan langsung merasakan suasana yang sejuk.

Sungai yang menampung air juga tidak terlalu dalam. Selain itu, airnya jernih dan bersih. Dijamin, Anda akan merasa betah saat berada di sini. Bagi pencinta fotografi, lokasi ini sangat cocok untuk diabadikan dalam bentuk gambar, baik objeknya, atau foto bersama dan selfie.

"Air Terjun Suban sendiri memiliki dua air terjun, yang pertama memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan yang kedua sekitar 15 meter. Suasana sekitar air terjun sangatlah sejuk. Di sekelilingnya juga tumbuh tanaman khas hutan hujan tropis dengan sedikit hiasan dari bebatuan di aliran airnya. Bila malas basah-basahan, Anda tetap puas hanya dengan berlama-lama di dekat Air Terjun Suban. Udara segarnya itu, lho!" tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Selasa (3/9/2019).

Wisata alam ini berlokasi di Desa Penantian, Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Rejang Lebong. Hingga saat ini, Air Terjun Suban masih dikembangkan. Meski baru dalam tahap pengembangan, keindahan alamnya sudah dapat dinikmati.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Suban, ada retribusi yang harus dibayar pengunjung. Begitu masuk kawasan wisata, Anda akan diminta Rp5.000 untuk satu kendaraan roda empat. Pos selanjutnya, akan diminta uang parkir sebesar Rp3.000 per kendaraan (tidak ditentukan untuk berapa lama waktu parkir).

Ketika masuk ke objek wisata Suban Air Panas Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp10.000 (untuk dewasa) dan Rp5.000 (anak-anak) per pengunjung. Dan, untuk mencapai air terjun, Anda akan diminta retribusi sebesar Rp3.000 (dewasa dan anak-anak) per pengunjung.

Di dalam Air Terjun Suban sudah terdapat warung kecil yang menjual makanan dan minuman, ada juga makanan berat di sana. Selain itu, ada pula fasilitas lain seperti kamar mandi umum, hingga lapangan parkir yang lumayan luas.

Jika tertarik mengunjungi objek wisata ini, Anda bisa berangkat dari Kabupaten Curup dengan menempuh perjalanan sejauh 6 km atau 15 menit waktu tempuh perjalanan. Namun, jika Anda berangkat dari Kota Bengkulu, harus menempuh jarak sekitar 90 km. Waktu tempuhnya sekitar dua jam.


Editor : Vien Dimyati