Singgah ke Kebumen, Jangan Sekali-kali Berani Beli Nasi di Desa Ini

Bertold Ananda · Senin, 07 Juni 2021 - 15:14:00 WIB
Singgah ke Kebumen, Jangan Sekali-kali Berani Beli Nasi di Desa Ini
Menjelajahi Desa Penimbun (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada hal menarik di Kebumen Jawa Tengah yang bisa dieksplorasi wisatawan. Selain ada keindahan alam yang memesona, ternyata Kebumen memiliki cerita rakyat yang hingga kini masih dipercaya masyarakat.

Apalagi jika singgah ke salah satu desa di Kebumen, Anda dilarang untuk membeli nasi saat di warung makan.

Beberapa waktu lalu, Desa Penimbun yang terletak di Kecamatan Karangayam Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menjadi sorotan. Pasalnya, warga penduduk setempat yang bermata pencarian dengan membuka usaha warung makan dilarang menjual nasi. 

Bahkan, ada yang tidak mau menjual nasi. Mengapa demikian?

Mengutip melalui YouTube mrapatdotid, Senin (7/6/2021), sekilas desa ini tampak seperti desa pada umumnya. Tempat yang hiasi sawah dan perkebunan yang terlihat kering dan sedikit tandus. Akan tetapi jika pergi berlibur ke desa ini tampaknya Anda akan kesulitan untuk menemukan warung makan yang menyediakan menu nasi di daerah tersebut.

"Warung yang Anda temui hanya akan menjual sebatas lauk, gado-gado, lotek, mi ayam dan juga karedok. Ternyata disinyalir terdapat mitos yang beredar di desa tersebut. Warga setempat memercayai ada satu mitos warisan nenek moyang di mana orang berpantang tidak boleh menjual nasi," kata akun YouTube mrapatdotid.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2