Spot Instagramable Terbaru Ngarai Sianok, Unik Ada Rumah Pohon Inyiak

Vien Dimyati ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 11:42 WIB
Spot Instagramable Terbaru Ngarai Sianok, Unik Ada Rumah Pohon Inyiak

Ada spot Instagramable terbaru Ngarai Sianok. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selain pemandangan alam, saat ini di Lembah Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat memiliki berbagai spot Instagramable wisata baru. Salah satunya, Rumah Pohon Inyiak.

Pesona Wisata Inyiak memang sedang hits dan menjadi buah bibir di Sumatera Barat. Tak hanya menikmati hamparan sungai yang berliku di dasar lembah, pesona tebing-tebing tingginya juga membuat Anda terkesima.

Jika Anda pencinta wisata alam dan ingin menginap di kawasan wisata Bukittinggi, Rumah Inyiak bisa jadi referensi. Berada di antara lembah yang masih hijau, Anda akan merasakan sensasi berbeda saat menginap di sini.

Lokasi Rumah Inyiak berada di Ngarai Sianok, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi. Jaraknya sekitar satu hingga dua kilometer dari Jam Gadang Bukittinggi dan sekitar 100 meter sebelum jembatan Greatwall Bukittinggi.

"Sahabat pernah ke tempat ini? Tempat asri yang berkonsep menyatu dengan alam. Nama tempatnya adalah Rumah Pohon. Ini adalah salah satu rumah yang menjadi daya tarik dan menjadi incaran buat berfoto. Di tempat ini juga masih banyak rumah pohon degan desain yang berbeda dan tak kalah indah. Selamat berkunjung. Referensi foto: (@bund2lusi)," tulis Instagram @indoflashlight, Senin (12/8/2019).

Awalnya, Rumah Inyiak dibangun untuk memanfaatkan tanah ulayat milik persukuan yang lama tak terpakai dan sudah ditumbuhi semak-semak. Dibuatnya destinasi wisata ini, sekaligus mendukung program Desa Wisata yang dicanangkan pemerintah. Di area Rumah Pohon Inyiak terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda dinikmati.

Palanta Inyiak, spot ini akan Anda temukan pertama kali setelah melewati gerbang masuk. Palanta Inyiak berisi taman yang ditata berbentuk hati. Disediakan pula tempat untuk duduk-duduk dengan atap jerami. Di depan Rumah Lontiok Inyiak, ada bangunan berbentuk kapal (dalam bahasa Minang disebut kapa) yang terbuat dari bambu dan kayu. Di sini tempat untuk memesan berbagai ragam kuliner.

Di dekat Kapa Kuliner Inyiak, ada patung Merlion dan kolam kecil. Patung dari batu atau semen dengan warna putih dan biru yang terkesan modern. Terdapat pula beberapa rumah kecil dengan dinding anyaman bambu dan atap jerami. Namanya Cottage Inyiak. Cottage ini difasilitasi taman dengan view yang mengarah langsung ke Ngarai Sianok.

Lokasi yang paling banyak dikunjungi adalah Rumah Rumput Inyiak. Inilah spot yang fotonya sering muncul di media sosial. Letaknya di dekat cottage. Menarik karena bentuknya yang unik dan belum ada di Bukittinggi. Dari depan, bentuknya seperti segitiga, dindingnya terbuat dari anyaman bambu.

Arena Hammock dan Taman. Tempat ini berupa ruang terbuka yang diisi dengan taman dan beberapa permainan. Ada beberapa hammock, ayunan, dan perosotan untuk anak. Bagi pengunjung yang membawa anak bisa langsung menuju ke tempat ini. Di area wisata tersebut terdapat bangunan kayu yang bentuknya seperti surau. Namanya Surau Tuo Nek Kamsina, berlatar tebing terjal Ngarai Sianok.

Surau ini dibangun dengan bentuk persegi. Bagian mihrabnya sedikit ditonjolkan sejauh dua meter, memiliki delapan daun jendela dengan ketinggian bangunan satu meter dari atas tanah. Surau ini hanya memiliki satu tiang utama pada bagian tengahnya. Bagian lantainya dialasi tikar pandan, sehingga terkesan kuno dan klasik.

Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan tebing-tebing ngarai, bisa langsung ke Rumah Pohon Inyiak. Rumah ini berada di atas pohon di tepi tebing.

Selain fasilitas di atas, Anda juga bisa berfoto di beberapa spot yang cantik. Ada rumah gadang yang tak kalah fotogenik. Meski ukurannya tak terlalu besar, rumah gadang ini cukup epik untuk sekadar foto selfie. Sedangkan lahan camping ground bisa dimanfaatkan untuk berkemah maupun acara wedding yang bertema outdoor.


Editor : Tuty Ocktaviany