Sukses Kembangkan Desa Wisata, Sandiaga Uno Raih Penghargaan dari UNWTO

Syifa Fauziah ยท Senin, 26 September 2022 - 07:12:00 WIB
Sukses Kembangkan Desa Wisata, Sandiaga Uno Raih Penghargaan dari UNWTO
Menparekraf Sandiaga Uno mendapatkan penghargaan dari UNWTO karena berhasil mengembangkan Desa Wisata. (Foto: dok Kemenparekraf)

Hal yang lebih baik lagi kata Sandiaga Uno adalah dari segi indeks di mana Indonesia sudah lompat 12 poin dan hal tersebut sudah di atas target. 

"Dari kunjungan wisatawan ini dari lama mereka tinggal di Indonesia sudah berhasil kita tingkatkan dan juga kualitas belanja mereka meningkat. Sehingga devisa yang dihasilkan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai penyumbang nomor dua dari pendapatan negara ini semakin kita solidkan. Dan output dan momentum ini kita akan kawal kebangkitannya," lanjutnya.

Indikator dari peningkatan kualitas sektor pariwisata di Indonesia kata Sandiaga Uno terlihat dari kunjungan wisatawan mancanegara yang sebelumnya di bawah tiga hari, sekarang sudah menuju 3-4 hari. 

Selain itu, belanja wisatawan mancanegara yang ditargetkan 1.000 dolar sekarang sudah mengarah naik 20 persen menjadi 1.200-1.300 dolar. 

"Dan itu sudah berdampak kepada desa wisata dan nanti kita lakukan technical tour di 28 September 2022. Kita akan membawa kunjungan ke desa Panglipuran di Bali. Jadi ini juga disampaikan dalam pertemuan dengan Sekjen UNWTO, bahwa keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginsipirasi banyak negara untuk mengembangkan potensinya rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi," tutur Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menyebutkan pihaknya juga akan membuat pariwisata di Bali agar lebih terkoneksi sehingga wisatawan mancanegara tidak terfokus hanya pada satu area wilayah Bali saja.

"Kita harus buatkan travel pattern, jadi tahun depan kalau kita stabil dengan angka 10.000-15 000 kunjungan wisatawan mancanegara. Kita akan kembali ke level 4 juta wisawatan yang datang ke Bali, kita tidak ingin hanya menumpuk di Bali Selatan tapi ada pola-pola perjalanan yang akan mengarahkan mereka ke destinasi desa wisata di Bali Utara, Bali Barat, maupun Bali Timur," ujar Sandiaga Uno.

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda