Sustainable Tourism, Konsep Pariwisata yang Diincar Traveler Milenial
“Anak milenial secara natural sudah menganut sustainable tourism. Misalnya saya sering dapat pertanyaan tentang sampah di tempat wisata dari anak muda. Kita butuh para milenial yang sadar lingkungan dan sering memberikan feedback seperti ini,” ujar Menpar Arief Yahya kepada sekitar 150 peserta yang hadir dalam diskusi yang mengangkat tema Sustainable Tourism.
Sebagai solusinya, Kemenpar kini gencar melakukan kampanye Pariwisata Berkelanjutan dengan menjadikan jurus 3P (Planet, People, dan Prosperity) sebagai acuan dalam pengembangan pariwisata. Aspek People merujuk pada keinginan wisatawan dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lokal. Sementara aspek Planet merupakan kewajiban para wisatawan untuk turut serta merawat dan menjaga tempat-tempat wisata. Pembangunan juga mesti memerhatikan nilai-nilai ekonomis dari tempat wisata dan dampaknya pada penduduk lokal yang tertuang dalam aspek Prosperity.
Selain itu, komitmen mempromosikan pariwisata berkelanjutan juga tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan yang mengadopsi standar internasional dari Global Sustainable Tourism Council (GSTC). Karena itu, Kemenpar kini mendorong semua daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia untuk berusaha mendapatkan sertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat menjadi destinasi wisata kelas dunia.
Langkah ini juga didukung oleh Travel Influencer Gemala Hanafiah yang hadir sebagai pembicara pada kegiatan ini. Menurutnya, upaya Kemenpar menggandeng para influencer lewat program Trip of Wonders adalah cara menarik untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan pada masyarakat, terutama kaum milenial.
“Dari Kemenpar sendiri sebenarnya sudah gencar mengampanyekan wisata sadar lingkungan, misalnya program Trip of Wonders yang melibatkan para influencer sesuai bidangnya masing-masing,” kata Gemala.
Selain sebagai ajang mengampanyekan wisata berkelanjutan, acara ini juga bertujuan untuk menjalin kemitraan strategis dengan media sebagai salah satu unsur pentahelix pariwisata. Hal ini dikarenakan perkembangan pariwisata Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh citra yang dibangun oleh media.
Editor: Vien Dimyati