3 Tarian Tradisional Sulawesi Utara yang Terkenal dan Khas Wajib Dilestarikan

Novie Fauziah · Jumat, 17 Juni 2022 - 15:43:00 WIB
3 Tarian Tradisional Sulawesi Utara yang Terkenal dan Khas Wajib Dilestarikan
Tarian tradisional Sulawesi Utara yang terkenal (Foto:kikomunal-indonesia.dgip)

1. Tari Mahambak

Tarian tradisional Sulawesi Utara yang terkenal dan khas pertama adalah Mahambak. Tari Mahambak adalah salah satu seni atau tarian tradisional khas dari Suku Bantik. Kesenian tari ini menjadi sarana pengungkapan perasaan komunal orang Bantik.

Secara harfiah, mahambak berarti bergembira dan bersukacita. Bergembira menyambut perjumpaan dan persatuan. Tari mahambak kemudian menjadi bagian dari setiap upacara atau perayaan yang membahagiakan, seperti “naik rumah baru”, panen hasil bumi yang melimpah, dan lain-lain. 

2. Tari Tumatenden

Tarian tradisional Sulawesi Utara yang terkenal dan khas lainnya ada Tumatenden. Kesenian ini diangkat dari cerita rakyat suku Minahasa. Terdapat historis yang menarik di setiap gerakannya.

Tarian ini bercerita tentang kisah cinta seorang petani dengan bidadari. Kemudian dikemas dalam bentuk tarian diiringi dengan musik tradisional tanpa dialog. Setiap ceritanya digambarkan melalui gerakan tarian, sehingga penonton yang menyaksikannya dapat menangkapnya dengan mudah.

3. Tari Pasasanggarroma

Tarian tradisional Sulawesi Utara yang terkenal dan khas lainnya ada Pasasanggarroma. Tarian ini tepatnya berasal dari Kabupaten Talaud. Diangkat dari cerita masyarakat Talaud, di mana menggambarkan tatanan hidup sosial ketika zaman dahulu kala. 

Selain itu Tari Pasasanggarroma ini, dikenal dengan semboyan kebersamaan "sansiote sampate pate". Penarinya terdiri dari 24 pasang (pria dan Wanita), memainkan alat musik : keroncong 5 orang, gitar 3 orang, tambur 4 orang dengan menggunakan busana daerah Talaud.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda