Pesona Tegenungan Waterfall Gianyar Bali, Unik Ada Air Mancur Kecil

Vien Dimyati ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 12:48 WIB
Pesona Tegenungan Waterfall Gianyar Bali, Unik Ada Air Mancur Kecil

Keindahan Tegenungan Waterfall (Foto : Instagram

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam di Bali selalu memikat wisatawan untuk berlibur. Tidak hanya pantai yang memiliki pemandangan eksotis.

Jika wisatawan singgah ke Gianyar, Anda dapat menemukan satu objek wisata menarik. Di sini ada wisata air terjun yang disebut Tegenungan atau banyak juga yang disebut Air Terjun Kemenuh.

Tak hanya indah, air terjun ini juga unik. Meskipun berada di dataran rendah, pesonanya mampu menarik wisatawan untuk menjamah. Lokasinya di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Air terjun Tegenungan memiliki tinggi sekitar 15 meter. Meskipun tidak begitu tinggi, air terjun ini memiliki debit udara yang cukup deras. Percikan udara yang dihembuskan pun terasa dingin dan disambut.

Terletak di Jalan Ir. Sutami, akses yang dilalui untuk menuju ke air terjun ini terbilang mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau travel. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Denpasar, Bali.

Untuk sampai ke aliran Air Terjun Tegenungan, Anda harus menuruni ratusan anak tangga. Jernihnya air dan keindahan pemandangan alam di sekitar air terjun menjadi suguhan utama destinasi wisata ini.

Bagi pencinta wisata ekstrem, dapat menantang diri dengan terjun langsung ke kolam air di bawah air terjun. Kegiatan ini paling diminati oleh turis asing.

Jika kurang tertarik untuk melakukan wisata ekstrem, Anda dapat menikmati air terjun dengan sekadar bermain jernihnya air di tempat ini.

Terdapat pula air mancur kecil yang bersumber langsung dari mata air yang terjaga kebersihan dan kesegarannya. Apabila tidak berminat untuk bersentuhan dengan air, Anda bisa duduk-duduk santai menikmati cantiknya pemandangan alam.

Jika ingin berfoto ria, tempat ini memiliki spot-spot cantik untuk dijadikan sasaran objek foto. Foto-foto Air Terjun Tegenungan banyak dimuat di media sosial oleh wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di area air terjun ini juga terdapat pemandian umum yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Pemandian tersebut sengaja dibagi dua tempat untuk laki-laki dan perempuan.

Sumber aliran Air Terjun Tegenungan berasal dari aliran Sungai Tukad Petanu. Sungai tersebut memiliki aliran air yang bersih dan jernih.

Di sekitarnya juga terdapat Pura Beji yang digunakan sebagai penyucian diri. Saat berada di Air Terjun Tegenungan, tidak disarankan untuk berenang mendekati aliran air terjun karena sangat berbahaya.

Untuk memasuki kawasan air terjun Tegenungan, dikenakan tiket masuk Rp15.000 per orang. Biaya tersebut digunakan untuk perawatan kawasan tersebut.

Jika Anda berniat mengunjungi ke Air Terjun Tegenungan, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Anda bisa berkunjung ke lokasi wisata ini dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 17.00 WITA.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda bisa berangkat dari Denpasar, berjarak sekitar 16 kilometer. Ditempuh dalam sekitar 45 menit perjalanan.

Lokasinya sangat mudah ditemui karena berada di kawasan Gianyar dan Ubud yang memang memiliki banyak objek wisata alam di Bali. Bagaimana, tertarik menjelajahi Air Terjun Tegenungan?

Editor : Vien Dimyati