Telaga Sarangan Magetan Dibuka, Wisatawan Bisa Nikmati Pemandangan Gunung Lawu

Vien Dimyati ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 16:38 WIB
Telaga Sarangan Magetan Dibuka, Wisatawan Bisa Nikmati Pemandangan Gunung Lawu

Wisata Telaga Sarangan Magetan (Foto : Instagram @ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Wisata Telaga Sarangan yang sempat ditutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini telah dibuka. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam pegunungan di telaga eksotis yang bernama Sarangan.

Telaga Sarangan ini terkenal di kalangan wisatawan di Jawa Timur. Di sini, Anda dapat melihat telaga yang luas.

Tak jauh dari sana. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau Sidoramping yang menjulang tinggi di sekitar Gunung Lawu. Konon, Telaga Sarangan adalah lokasi wisata favorit para penjajah.

"Wisata Telaga Sarangan sudah dibuka untuk umum mulai hari ini. Pengunjung diwajibkan memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. Pengunjung dari luar Magetan juga sudah bisa ke Telaga Sarangan lohh, kuy kuy gaskan. Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Rabu (24/6/2020).

Telaga Sarangan menawarkan sensasi udara dingin khas pegunungan. Di sini, Anda dapat menikmati telaga yang tenang. Bahkan, kejernihan airnya kerap dijuluki cermin. Anda dapat menikmati udara sejuk pada suhu 18-220 celsius.

Telaga Sarangan berada pada ketinggian sekitar 1.287 Mdpl. Luas telaga sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter. Di sebelah barat terdapat pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan.

Hamparan air nan tenang juga dikenal sebagai Telaga Pasir. Tak hanya dapat menikmati pemandangan indah ditemani udara dingin.

Anda juga bisa bermain mengelilingi telaga pakai speedboat yang disewakan, menunggangi kuda, atau menikmati beragam jajanan tradisional.

Dekat dengan Telaga Sarangan, terdapat pintu masuk menuju air terjun. Terdapat tiga air terjun di sini yaitu air terjun Pundak Kiwo, Watu Ondo, dan Jarakan.

Di sini juga terdapat bekas pesawat yang dijadikan monumen untuk mengingat peristiwa sejarah di Kota Madiun dan Kabupaten Sarangan, di mana terdapat Pangkalan Utama AURI di dekat pintu masuk.

Kawasan sekitar Telaga Sarangan dikelilingi pepohonan pohon pinus dan cemara. Bagi Anda yang menyukai petualangan, cobalah untuk menelusuri hutan pinus di sekitar Telaga. Anda akan banyak bertemu dengan monyet-monyet alam yang ada di hutan.

Melihat dari letak geografisnya, telaga ini berada di lereng Gunung Lawu bagian barat. Tepatnya di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kurang lebih sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Magetan.

Editor : Vien Dimyati