5 Tempat Wisata di Palembang Terpopuler, Rute dan Harga Tiket Masuk

Vien Dimyati · Sabtu, 05 September 2020 - 14:38:00 WIB
5 Tempat Wisata di Palembang Terpopuler, Rute dan Harga Tiket Masuk
Menikmati tempat wisata di Palembang (Foto: Instagram IG@iben23_)

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata di Palembang selalu membuat wisatawan betah untuk berlama-lama liburan. Ada banyak tempat wisata di Palembang yang eksotis dan menarik bisa dijelajahi wisatawan.

Perlu diketahui, Kota Palembang adalah Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan yang terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Tak kalah dengan Bali dan Lombok, Palembang memiliki deretan wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Palembang tidak hanya punya pempek yang menjadi andalan.

Kota yang mendapat julukan Venisia dari timur ini memiliki wisata lengkap mulai dari alam pantai, pegunungan, air terjun, waterpark, hingga kuliner yang menjadi daya tarik.

Salah satu ikonik dari Palembang yang terkenal adalah Jembatan Ampera. Landmark ini menambah keindahan Sungai Musi. Penghubung antara daerah seberang Ulu dan Ilir ini dibangung pada 1962 dengan panjang sekitar 50 meter.

Jika Anda singgah ke Palembang jangan lewatkan untuk singgah ke jembatan ini untuk berswafoto. Apalagi jika senja, Anda bisa berburu momen sunset yang indah.

Tidak hanya memiliki Jembatan Musi, Palembang juga punya objek wisata sejarah. Objek wisata tersebut bernama Masjid Cheng Ho. Anda bisa berwisata religi sambil menikmati bangunan tua berarsitektur Tionghoa.

Selain di Pasuruan dan Surabaya, Masjid Cheng Ho juga ada di Palembang. Lokasinya berada di Jakabaring dan bisa menampung sekitar 600 jemaah. Masjid Cheng Ho Palembang dengan dua lantai ini juga dipadukan dengan arsitektur Arab dan budaya lokal Palembang.

Setelah puas berwisata, belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas Palembang yang terkenal lezat. Kuliner paling favorit yang wajib dicicipi adalah pempek. Makanan berbahan dasar ikan ini juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh.

Selain pempek, Anda juga wajib mencicipi kerupuk Palembang yang terkenal yaitu kemplang. Anda bisa menikmati kerupuk kemplang dengan cocolan sambal.

Ditambah sambil menyeruput kopi panas khas Palembang. Rasanya sangat menggugah selera. Kerupuk kemplang juga dapat menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika tertarik menjelajahi tempat wisata di Palembang yang lainnya, Anda harus mulai menyiapkan daftarnya. Ingin tahu di mana saja tempat wisata di Palembang yang terpopuler untuk dikunjungi? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Sabtu (5/9/2020).

1. Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang

(Foto: Instagram IG@ucup_100204)
(Foto: Instagram IG@ucup_100204)

Pulau Kemaro menjadi salah satu wisata religi yang bernuansa Oriental. Pulau ini terletak di tengah Sungai Musi dengan pemandangan yang indah.

Salah satu daya tarik Pulau Kemaro terletak pada bangunan pagoda di bagian tengah pulau. Arsitektur pagoda tersebut sangat mirip dengan pagoda ala negeri tirai bambu.

Sisi-sisi dinding pagoda sembilan lantai ini menggambarkan legenda Pulau Kemaro. Bagian atas pagoda terdiri dari tempat ibadah umat Buddha yang sering digunakan masyarakat etnis Tionghoa sehingga tak mengherankan bila pagoda ini ramai dikunjungi menjelang Hari Raya Imlek atau Hari Raya Buddha lain. 

Rute menuju Pulau Kemaro harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam dari jembatan Ampera menggunakan kapal. Kapal ini biasanya bisa dinaiki dari dermaga yang ada di Jembatan Ampera.

Harga sewa perahu berkisar antara Rp50.000 – Rp70.000. Selain kapal ini, Anda bisa menyewa perahu motor yang ada di Benteng Kuto Besak di bawah Jembatan Ampera. 

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda