Ternyata, Ini Alasan Warna Pantai Pink TN Komodo Tak Selalu Merah Muda

Vien Dimyati ยท Selasa, 28 Agustus 2018 - 16:20 WIB
Ternyata, Ini Alasan Warna Pantai Pink TN Komodo Tak Selalu Merah Muda

Keindahan Pantai Pink di Taman Nasional Komodo (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Keindahan Pulau Komodo memang sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di sana. Salah satunya adalah Pantai Pink yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Pink memiliki keunikan yaitu pasirnya berwarna merah muda. Pantai Pink ini adalah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Pantai ini terlihat cantik dan sepi, sehingga cocok bagi Anda yang ingin berlibur tanpa ada keramaian.

"Banyak orang yang mempertanyakan kenapa sih Pantai Pink di Pulau Komodo kadang Pink banget kadang biasa saja? Pertanyaan di atas memang lumrah, perlu diketahui Pantai Pink ini memang benar adanya, biasanya di musim kemarau akan terlihat sangat Pink. Pantai ini akan menyesuaikan diri terhadap iklim yang sedang berlangsung. Jika beruntung, sahabat akan melihat pantai ini sangat Pink. Pertumbuhan Ganggang merah di pantai ini sangat berperan dalam distribusi warna Pink, karena sejatinya pantai ini bukan pasirnya yang berwarna Pink tapi endapan karang, ganggang dan tumbuhan laut lainnya yang membaur sehingga terlihat berwarna Pink. Yang jelas, ini alam Indonesia yang patut kita semua banggakan dan tentunya dilestarikan. Kalau di video ini memang tidak diedit warna Pink-nya, sangat natural. Wonderful Indonesia," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (28/8/2018).

Jika Anda memilih Pantai Pink sebagai tujuan destinasi wisata, jangan heran jika suatu saat menemukan pantai in tidak berwarna merah muda. Sebab, pada waktu tertentu, pantai ini akan tampak biasa saja.

Ya, warna merah muda yang terdapat di pantai ini karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang hanya dapat diamati dengan mikroskop. Hewan ini menyebabkan warna merah muda pada terumbu karang. Ada sebagian orang juga mengatakan, merah muda pada pantainya dikarenakan koral merah yang hancur atau cangkang hewan laut.

Apa pun alasannya, pantai ini selalu terlihat indah dengan pemandangan dan airnya yang jernih. Jika berada di sini, traveler harus berhati-hati karena pantai ini relatif sepi dan tenang. Hal ini dikarenakan pantainya tidak berpenghuni dan termasuk kawasan liar tempat tinggal hewan purba Komodo.

Jika ingin bermain di pantai ini, sebaiknya Anda didampingi oleh petugas Taman Nasional Komodo. Di sini, selain dapat menikmati pantainya, traveler juga dapat melakukan snorkeling menikmati surga bawah laut. Di dasar laut, Anda akan melihat berbagai macam biota laut termasuk terumbu karang cantik yang berwarna-warni.

Pantai Pink dapat ditempuh dengan menyewa speedboad atau kapal dari Laboan Bajo. Bagaimana, apakah Anda tertarik berwisata ke Pantai Pink di Pulau Komodo?

Editor : Vien Dimyati