Terpikat Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali, Airnya Kebiruan dan Segar

Vien Dimyati ยท Jumat, 13 September 2019 - 09:42 WIB
Terpikat Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali, Airnya Kebiruan dan Segar

Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal menarik di Bali yang bisa dijelajahi oleh traveler. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, hingga air terjunnya mampu memikat wisatawan. Selain sejuk, airnya juga berwarna kebiruan.

Bagi traveler yang ingin mendapatkan suasana berbeda dan jauh dari pantai, cobalah mengunjungi objek wisata air terjun. Anda bisa berkunjung ke wilayah Tabanan.

Di sini, terdapat destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi, yaitu Air Terjun Leke-Leke. Air terjun ini berada di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Baturiti, Tabanan.

Penamaan air terjun ini dilatarbelakangi karena perjalanan menuju tempat ini harus menempuh jalan yang berliku. Selain itu air terjun ini juga disebut kipuan kebo.

"Selamat siang dari Leke Leke Waterfall. Air Terjun Leke Leke ini dengan Suasana alam yang asri, damai dan penuh ketenangan menyambut kedatangan Anda di air terjun Leke-leke ini. Sebuah air terjun dengan latar bebatuan terlihat berpadu asri dengan alam sekitarnya,  pesona alamnya cukup mengagumkan, membuat Anda betah dan damai mengasingkan diri di tempat ini. Sebuah tempat tersembunyi dan jauh dari keramaian, berhawa sejuk dan udaranya yang segar bisa membuat pikiran dan tubuh fresh kembali, sangat cocok untuk melepas rasa penat. Location: Leke Leke Waterfall, Bali. Photo credit@_vaily_," tulis Instagram @infodevata, dikutip Jumat (13/9/2019).

Berwisata ke Air Terjun Leke-Leke, traveler akan merasakan wisata petualangan kecil. Sebab, untuk menuju air terjun ini, Anda akan melalui jalan setapak yang berliku. Kemudian melewati sungai melalui jembatan bambu. Jembatan ini sangat Instagramable karena keunikannya.

Berada di air terjun ini, Anda akan betah berlama-lama. Pengelola membuat tempat ini nyaman. Di sini, disediakan sejumlah tempat duduk untuk pengunjung bisa bersantai dan lebih leluasa menikmati keindahan dan suasana alam air terjun.

Air terjun Leke-Leke, oleh warga dikenal dengan nama Kipuan Kebo yang berarti tempat mandi dan minum kerbau. Tempat jatuhnya air di atas kubangan yang tidak begitu lebar, berdekatan dengan air terjun terdapat cerukan yang mirip dengan gua.

Air terjun ini juga dikenal sebagai kawasan suci, sehingga pengunjung diharapkan tetap menjaga etika, kesopanan, kelakuan dan perkataan termasuk juga tidak membuang sampah sembarangan. Di kawasan ini juga terdapat genah (tempat) untuk melukat (meruwat). Dua buah pancuran disediakan bagi mereka yang ingin melakukan ritual melukat. Airnya jernih dan bening bersumber dari mata air pegunungan.

Meski perjalanannya agak rumit, tetapi Air Terjun Leke-Leke mudah ditemukan. Jika melewati Jalan Denpasar-Singaraja, maka dari jalan di kawasan Desa Mekarsari, Anda akan menemukan petunjuk jalan mengarah air terjun. Dari jalan raya, Anda akan diarahkan menuju jalan kecil. Sekitar dua atau tiga kilometer, akan menelusuri pemukiman dan melintas di antara kebun jagung. Bagaimana, tertarik untuk mencari ketenangan di Air Terjun Leke-Leke Bali?


Editor : Vien Dimyati