Terpikat Keindahan Pantai Seribu Tangga Batam, Ada Taman Wisata Habibie

Vien Dimyati · Kamis, 12 September 2019 - 13:02:00 WIB
Terpikat Keindahan Pantai Seribu Tangga Batam, Ada Taman Wisata Habibie
Ada Taman Wisata Habibie di Pantai Seribu Tangga Batam. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ukuran Pulau Batam memang tak terlalu besar, sehingga menemukan pantai di Kota Industri ini bukan hal yang sulit. Salah satunya, Pantai Tangga Seribu. Pantai ini ditemukan 1980-an dan mulai dikembangkan pada 2004.

Di sini ada jejak peninggalan BJ Habibie yang pernah ditugaskan untuk menjadikan Batam sebagai Kota Industri. Pada era kepemimpinan Presiden Soeharto, BJ Habibie diutus untuk mengembangkan dan menyusun langkah strategis untuk Batam.

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat rumah dengan bangunan yang hampir jadi. Rumah tersebut merupakan kediaman keluarga Presiden ketiga BJ Habibie saat berada di Batam. Lokasinya cukup teduh dengan pepohonan yang mengitari, ditemani angin yang berhembus sepoi-sepoi. Masyarakat setempat menamainya Taman Wisata Habibie, Tangga Seribu.

"Sunset di seberang, konon dlu adalah pulau kediaman keluarga Bpk Habibie" tulis Instagram @vhindylim, Kamis (12/9/2019).

Nama Tangga Seribu berasal dari jumlah anak tangga dari lokasi di ketinggian menuju Pantai Dangas bagian bawah. Tidak hanya tangga yang turun ke pantai saja. Jadi, bersiaplah mengatur nafas dan stamina ketika menuruni, serta menaiki anak tangga ini.

Bukan hanya menikmati pantai, Anda juga bisa berswafoto dengan pemandangan yang memukau. Terdapat rumah pohon yang menjadi favorit pengunjung untuk menjadi spot swafoto. Hanya perlu mengeluarkan Rp2.000, Anda sudah bisa masuk dalam rumah pohon. Terdapat 12 pondok yang dapat digunakan untuk berfoto-foto.

Gedung pencakar langit di Singapura dan pulau kecil di tengah laut dapat Anda pandangi dari tepi pantai. Jika ingin menyeberang ke Pulau Putra, bisa menggunakan boat. Tarifnya Rp10.000. Di Pulau Putra, Anda bisa menemukan wisata mangrove serta kediaman BJ Habibie yang lain.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda