Tips Liburan Seru dengan Kapal Laut agar Aman dan Nyaman

Vien Dimyati ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 13:22 WIB
Tips Liburan Seru dengan Kapal Laut agar Aman dan Nyaman

Liburan seru dengan kapal laut (Foto : Instagram @radenricha)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini, liburan dengan menggunakan kapal laut sangat digemari para traveler. Menikmati keindahan laut biru hingga terumbu karang berwarna-warni di tengah laut.

Salah satunya, seperti di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Wisata bahari menjelajahi perairan di Labuan Bajo menjadi daya tarik tersendiri.

Biasanya mereka menggunakan kapal pesiar atau pinisi, menikmati alam di Labuan Bajo. Jika Anda termasuk traveler yang ingin menjajal liburan dengan kapal laut, tidak ada salahnya mengetahui tips-tips aman dan nyaman liburan dengan kapal laut.

Ingin tahu apa saja tipsnya? Berikut ulasannya dirangkum Selasa (21/1/2020).

Pastikan Kapal Anda dalam Kondisi Baik

Mungkin tidak perlu dikatakan lagi, tetapi faktor terpenting dalam kelancaran liburan dengan kapal laut adalah memastikan kapal laut Anda dalam kondisi baik. Jangan sampai perjalanan jauh Anda terkendala karena mesin kapal laut mengalami kerusakan atau mati di tengah laut. Lakukan riset sebelum memesan kapal laut yang akan dinaiki. Anda harus memikirkan ukuran kapal yang diinginkan, pelabuhannya di mana, ada kegiatan apa saja di kapal laut tersebut. Ada banyak yang harus dipertimbangkan.

Bawa Barang Secukupnya

Pastikan membawa semua barang-barang kebutuhan pokok, seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan obat-obatan. Pastikan Anda membaca panduan tentang apa yang harus dikemas untuk pelayaran. Anda juga wajib membaca beberapa tips dan trik pelayaran yang sangat praktis.

Atur Jadwal Keberangkatan

Anda harus memilih jadwal keberangkatan jauh-jauh hari. Anda harus mempertimbangkan faktor musim dan cuaca. Sebab, sebagus apa pun kapal dinaiki, ketika ombak laut sedang besar, maka perjalanan wisata Anda berisiko. Sebaiknya pilih jadwal bepergian dengan kapal laut saat pagi hingga siang hari.

Kenali Situasi Kapal Laut

Saat sudah menaiki kapal laut. Sebaiknya Anda langsung berkeliling mengamati situasi kapal. Anda harus mengetahui lokasi-lokasi penting, seperti pintu keluar, tempat jaket pelampung, dan letak sekoci. Sebaiknya, pilih posisi kursi yang nyaman dan aman untuk bergerak.

Pakai Sunblock dan Sunglass

Barang yang satu ini harus ada di dalam tas. Sebab, meski Anda berada di dalam kapal laut, paparan sinar matahari bisa mengenai kulit dan mata. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pelindung kulit. Kacamata khusus matahari (sunglass) juga berguna untuk melindungi mata dari sinar UV. Dengan memakai sunglass, Anda bisa dengan nyaman menikmati keindahan wisata bahari yang menawan.


Editor : Vien Dimyati