Tips Wisata Seru di Borobudur, Temukan Cerita Relief Dimulai dari Pintu Timur

Vien Dimyati ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 17:22 WIB
Tips Wisata Seru di Borobudur, Temukan Cerita Relief Dimulai dari Pintu Timur

Keindahan Candi Borobudur (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Borobudur menjadi salah satu destinasi super prioritas yang siap mendunia. Candi megah yang berada di Magelang ini memiliki struktur bangunan berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran.

Candi Borobudur memuat 2.672 panel relief. Jika disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ada cerita menarik di balik pahatannya. Sayang rasanya jika wisata ke Borobudur tanpa menjelajahi cerita di balik relief dinding candi.

Lantas, bagaimana cara seru untuk berwisata di Borobudur? Ya, Anda harus menjelajahi Candi Borobudur dimulai dari pintu timur searah jarum jam, mengeliling bangunan hingga ke puncak.

"Relief Candi Borobudur terbagi menjadi 4 kisah utama, yaitu: Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, serta Gandawyuha. Selain mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajarannya, relief Candi Borobudur juga merekam kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu. Untuk mengikuti cerita yang terpahat di Candi Borobudur, Visitors harus berjalan searah jarum jam dari pintu timur. Setelah tiba di titik awal barulah naik ke tingkat berikutnya. Demikian berulang hingga mencapai puncak Candi Borobudur. Ritual ini disebut pradaksina," tulis Instagram @visitjogja dikutip Senin (7/10/2019).

Seperti diketahui, Candi Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia dan dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Monumen ini terletak di Lembah Kedu, bagian selatan Jawa Tengah.

Kuil utama adalah stupa yang dibangun dalam tiga tingkatan di sekitar bukit yang merupakan pusat alam, dasar piramida dengan lima teras konsentris persegi, batang kerucut dengan tiga platform melingkar, dan bagian atas stupa monumental.

Dinding dan langkan dihiasi dengan relief rendah yang halus, yang meliputi total luas permukaan 2.520 m2. Di sekitar platform melingkar terdapat 72 stupa, masing-masing berisi patung Buddha.

Pembagian vertikal Candi Borobudur menjadi dasar, tubuh, dan superstruktur secara sempurna sesuai dengan konsepsi Alam Semesta dalam kosmologi Buddhis.

Cara Menuju Candi Borobudur

Tempat wisata Candi Borobudur terletak di Kota Magelang. Candi ini dikelilingi Merapi, Merbabu, serta Gunung Sumbing dan Sindoro.

Bangunan yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia ini berjarak sekitar 41 Km dari pusat kota Yogyakarta. Jika ditempuh dari Semarang, jaraknya sekitar 91 km.

Jika naik kendaraan pribadi dari Semarang, Anda bisa mengambil rute dari Semarang-Ungaran setelah melewati Terminal Bawen. Setelah itu, mengambil jalur ke kanan, ke Ambarawa, lalu lanjut ke Pringsurat (Temanggung) – Secang – Magelang.

Dari Magelang, ambil jalur ke Mertoyudan dan sesampainya di pertigaan Blondo (persimpangan Mertoyudan-Blabak), belok kanan sampai ketemu rumah dinas Bupati Magelang. Dari situ, belok kanan sampai pertigaan Kolam Renang Karet, maka sampai di bangunan bersejarah ini.

Kalau dari Yogyakarta, ambil jalur menuju Jalan Magelang-Palbapang (persimpangan Blabak dan Muntilan). Dari sini Anda belok kanan sampai ruman dinas Bupati Magelang-pertigaan Kolam Renang-Karet dan sampai ke tempat wisata Candi Borobudur.


Editor : Vien Dimyati