Turis Asing Kini Bisa Hadiri Perjalanan Wisata dan Bisnis dengan Visa on Arrival

Vien Dimyati · Rabu, 21 September 2022 - 18:11:00 WIB
Turis Asing Kini Bisa Hadiri Perjalanan Wisata dan Bisnis dengan Visa on Arrival
Turis Asing Kini Bisa Hadiri Perjalanan Bisnis (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sektor pariwisata perlahan mengalami kebangkitan. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang mengalami kenaikan.

Bahkan, kebijakan yang terbaru adalah turis atau orang asing kini bisa hadiri pertemuan bisnis hingga wisata dengan visa on arrival (VoA) atau Bebas Visa Kunjungan (BVK).

Hal ini diatur dalam Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0700.GR.01.01 Tahun 2022 pada 14 September 2022 yang berlaku efektif pada Kamis, 15 September 2022.

Dalam ketentuan tersebut diatur pula penambahan 11 negara subjek visa on arrival sebagai berikut Albania, Andorra, Chile, Ekuador, Islandia, Liechtenstein, Palestina, San Marino, Suriname, Uzbekistan, dan Vatikan.

Sementara itu, subjek fasilitas Bebas Visa Kunjungan tetap terdiri dari sembilan negara yang merupakan anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

"Betul, dalam Surat Edaran yang terbaru ada penambahan 11 negara subjek VoA selain penambahan jenis kegiatan yang diizinkan menggunakan fasilitas BVK dan VoA. Di antaranya adalah kunjungan wisata, tugas pemerintahan, pembicaraan bisnis, pembelian barang, kunjungan rapat, atau transit," ujar Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh, melalui keterangannya dikutip Rabu (21/9/2022).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda