Umbul Manten, Kolam Pemandian Paling Jernih seperti Kaca di Klaten

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 27 September 2020 - 11:20 WIB
Umbul Manten, Kolam Pemandian Paling Jernih seperti Kaca di Klaten

Wisata di Umbul Manten (Foto: Instagram @jojomarujo)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang belum mengetahui wisata kolam renang alami Umbul Manten. Wisata yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah ini menawarkan kolam pemandian dengan air yang sangat jernih seperti kaca.

Seperti yang terlihat di unggahan foto akun Instagram @jojomarujo, beberapa waktu lalu. Dalam postingannya, terlihat seperti kolam dengan air yang sangat jernih, berhawa sejuk dan terdapat aliran tanpa arus.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh jojo marujo (@jojomarujo) pada

"Panasnya Solo mengharuskan melipir ke wisata Umbul Manten yang sudah banyak berubah sejak lima tahun lalu," tulis caption @jojomarujo, dikutip Minggu (27/9/2020).

Tak hanya air yang jernih, di sekitar kolam juga terdapat banyak pepohonan yang bisa melindungi dari terik matahari serta terdapat banyak gazebo dan joglo untuk beristirahat. Anda bisa bersantai sembari melihat pemandangan hamparan persawahan.

Salah satu potensi yang ada di kawasan ini antara lain berdirinya pohon jenis ipik. Saking banyaknya, kawasan ini terlihat jarang ditembus sinar matahari. Panorama sawah hijau di kanan dan kiri juga menambah asri pemandangan. Selain berenang, wisatawan juga bisa bersantai di bawah pohon dan juga berswafoto dengan latar pohon besar.

"Sekitar umbul ada gazebo, bagian belakang yang di belakang sungai batu itu ada joglo besar," tulis @jojomarujo.

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu membayar mahal yakni sebesar Rp6.000 sampai Rp10.000 per orang. Kalau ingin sewa tikar, cukup merogoh kocek Rp5.000 dan menikmati aneka kuliner mulai dari Rp10.000.

Berwisata ke sini, Anda disarankan untuk membawa baju ganti. Apalagi jika akan melakukan sesi foto underwater, persiapkan segalanya termasuk kamera untuk sesi foto.

Umbul Manten berada di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo. Akses jalannya sudah bagus. Untuk rute menuju Umbul Manten, dari Pusat Kota Klaten ambil arah menuju Jatinom kemudian menuju ke Jalan Janti, dari sana Anda tinggal ikuti papan petunjuk.

Editor : Vien Dimyati