Wamenparekraf: Dukungan Stimulus kepada Pelaku Usaha untuk Pemulihan Pariwisata

Vien Dimyati ยท Sabtu, 28 November 2020 - 10:36:00 WIB
Wamenparekraf: Dukungan Stimulus kepada Pelaku Usaha untuk Pemulihan Pariwisata
Pemerintah dukung stimulus Parekraf (Foto: Kemenparekraf)

NUSA DUA, iNews.id - Pemerintah akan terus mendorong hadirnya stimulus yang menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya untuk mengembalikan kepercayaan dan pengalaman wisatawan berkunjung kembali ke Indonesia.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dalam acara penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (27/11/2020), di Westin Resort, Nusa Dua, Bali, mengatakan, yang dibutuhkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif hari ini adalah demand atau kehadiran kembali konsumen.

"Menjadi tantangan di tengah pandemi adalah bagaimana konsumen bisa percaya destinasi usaha dan pekerja pariwisata bisa menyediakan produk dan service yang aman, sesuai kebutuhan wisatawan di era adaptasi kebiasaan baru yang lebih memerhatikan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlangsungan lingkungan,” kata Angela Tanoesoedibjo. 

Dalam rangka mendapatkan kepercayaan konsumen kembali tersebut, penerapan protokol kesehatan yang baik menjadi kunci utama. Karenanya pemerintah, dalam hal ini Kemenparekraf/Baparekraf bersama kementerian/lembaga, memastikan stimulus yang dibutuhkan industri untuk bangkit dari pandemi akan terus diwujudkan.

"Berbagai stimulus telah diluncurkan oleh pemerintah terutama untuk sektor parekraf, utamanya dalam membantu likuiditas dan jaring pelindung sosial untuk pekerja. Yang terbaru kita ketahui sudah diluncurkan hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun dan kami akan terus mendorong kemungkinan untuk stimulus-stimulus serupa agar bisa diwujudkan bagi usaha-usaha parekraf lainnya pada 2021," kata Angela.

Editor : Vien Dimyati