Wamenparekraf Sukseskan Launching Gerakan Beli Kreatif Danau Toba di Balige Kabupaten Toba

Siska Permata Sari · Minggu, 21 Februari 2021 - 19:22:00 WIB
Wamenparekraf Sukseskan Launching Gerakan Beli Kreatif Danau Toba di Balige Kabupaten Toba
Wamenparekraf sukseskan launching Gerakan Beli Kreatif Danau Toba di Balige Kabupaten Toba, Sabtu 20 Februari 2021. (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meresmikan peluncuran "Gerakan Beli Kreatif Danau Toba" di Balige, Kabupaten Toba, Sabtu 20 Februari 2021. Gerakan nasional ini tidak hanya bertujuan mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk berorientasi dengan platform e-commerce, tetapi juga dilengkapi dengan pendampingan dan edukasi bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mengembangkan dan memajukan usahanya di platform digital. 

Acara launching ini diselenggarakan di Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Toba Samosir. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, dengan adanya pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif ke platform e-commerce bisa menjadi solusi bagi para pelaku ekonomi kreatif yang belum bisa memasarkan produknya secara fisik akibat pandemi Covid-19. Sehingga gerakan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi para pelaku kreatif untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya lewat platform digital.

"Penjualan produk secara fisik di masa saat ini sangat sulit dilaksanakan. Tetapi dengan penjualan lewat platform digital ini bisa membantu kita di masa-masa yang sulit ini dan ini memang tujuan dari ‘Beli Kreatif Danau Toba’, bagaimana kita onboarding ke platform digital serta berkolaborasi dengan mitra dan memberikan pendampingan-pendampingan. Karena berjualan fisik itu berbeda dengan berjualan secara digital," tutur Angela saat berdiskusi langsung dengan para pelaku UMKM di Balige, Toba.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga hadir secara virtual dalam rangkaian acara yang sama untuk meresmikan gerakan “Beli Kreatif Danau Toba” sebagai upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas (DSP).

Presiden Joko Widodo mengatakan, gerakan ini merupakan lanjutan dari gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" yang tahun ini akan difokuskan untuk mengembangkan potensi daerah. 

"Pada tahun 2020, gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM yang onboard ke platform e-commerce untuk meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara," kata Joko Widodo. 

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2