Wisata Air Terjun di Bandung, Ada Curug Bugbrug Tersembunyi di Hutan Pinus Lembang

Vien Dimyati ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 15:02 WIB
Wisata Air Terjun di Bandung, Ada Curug Bugbrug Tersembunyi di Hutan Pinus Lembang

Keindahan Curug Bugbrug Bandung (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Kota Bandung memiliki banyak destinasi menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya memiliki pegunungan dan kawah putih yang fenomenal. Di Tanah Pasundan ini juga terdapat deretan objek wisata air terjun atau curug.

Misalnya saja ada Curug Tilu, Curug Lalay, Curug Pelangi, Curug Cimahi, Curug Layung yang semuanya berada dalam satu aliran sungai, yaitu Sungai Cimahi.

Tetapi, selain curug yang sudah disebutkan tadi, ada pula Curug Bugbrug. Curug yang tidak kalah eksotis ini memiliki keunikan yang akan membuat wisatawan penasaran. Tersembunyi di tengah hutan pinus kawasan Lembang.

Curug Bugbrug merupakan saksi bisu dari sejarah Bandung yang ada kaitannya langsung dengan Gua pawon, Sanghyang Tikoro dan Gunung Batu. Perlu diketahui, banyak curug di Bandung yang awalnya terbentuk dari aliran lava gunung purba sejak ratusan ribu tahun lalu. Dan Curug Bugbrug merupakan bagian dari patahan Lembang, jalur yang menjadi saksi hilangnya Danau Bandung purba.

Lokasi Curug Bugbrug masih berada di kawasan yang sama dengan Curug Pelangi. Berada di ketinggian hingga 1.050 mdpl, Curug Bugbrug terletak dekat dengan Villa Istana Bunga.

 

"Tingginya Curug Bugbrug yang mencapai 50 meter menimbulkan suara 'brug… bruggg… brug…' ketika airnya jatuh. Maka dari itulah, objek wisata ini diberi nama Curug Bugbrug. Sungai yang dialiri Curug Bugbrug ini kedalamannya mencapai 3 sampai 4 meter. Foto dolan dari @iwanvanwilan," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Selasa (25/2/2020).

Curug Bugbrug berlokasi di dekat Ciwangun Indah Camp (CIC). Tempat ini cocok untuk selfie. Di bawahnya ada kolam dengan kedalaman 3 meter yang jernih dan sejuk. Cocok untuk Anda yang ingin berenang santai sambil foto-foto.

Suasana Curug Bugbrug yang masih sepi pengunjung membuat keadaan di sekitar Curug Bugbrug tenang dan damai, cocok untuk Anda yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk kota metropolitan.

Secara administrasi, Curug Bugbrug beralamatkan di Jalan Kolonel Masturi, Desa kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dari arah ledeng, patokannya adalah terminal Parongpong, kurang lebih sejauh satu kilometer sebelum Curug Pelangi atau Curug Cimahi di sebelah kanan jalan anda akan menemukan gerbang menuju CIC.

Lokasi ini sangat mudah untuk di jangkau meskipun tempatnya berada di pedalaman. Kemudian untuk waktu kunjungan, Anda bisa mendatangi Curug Bugbrug mulai pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan alam Curug Bugbrug di tengah hutan?


Editor : Vien Dimyati