Wisata Air Terjun di Tanah Minang, Indahnya Lembah Anai yang Terkenal Eksotis

Vien Dimyati ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:54 WIB
Wisata Air Terjun di Tanah Minang, Indahnya Lembah Anai yang Terkenal Eksotis

Indahnya Lembah Anai yang terkenal eksotis. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Lembah yang menjadi maskot pariwisata Sumatera Barat ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Memiliki luas sekitar 221 hektare, lembah ini menjadi jalur utama lalu lintas trans-Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi.

Lembah Anai Terletak di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Padang atau sekitar 38 km dari Batusangkar.

Sebelum sampai Lembah Anai, Anda akan melewati jalan berkelok-kelok yang dihiasi pemandangan indah berupa perbukitan hijau. Saat melintas di area Lembah Anai, Anda akan menyaksikan keindahan air yang tumpah dari tebing tinggi. Banyak pengendara yang berhenti sejenak, beristirahat sembari menikmati keindahan air terjun yang diberi nama Lembah Anai.

Orang Minang biasa menyebutnya Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun berketinggian sekitar 35 meter ini bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai. Sejak 1922, Lembah Anai telah ditetapkan menjadi kawasan cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda.

Air terjun ini hanya salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Anda dapat menempuh perjalanan trekking selama sekitar dua jam untuk dapat melihat keenam air terjun lainnya di dalam kawasan cagar alam ini.

Deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi dinding alam yang cantik. Tak jauh dari lokasi air terjun terdapat aliran sungai besar berbatu. Airnya mengalir jernih. Di atas sungai tersebut melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

"Sesuai namanya, Lembah Anai merupakan kawasan lembah yang berada di kawasan dataran tinggi melintasi jalan raya. Jalur kereta bersejarah yang menjadi akses di masa penjajahan Belanda juga masih terlihat sampai saat ini. Selain itu, Lembah Anai berbeda dari lembah biasanya, terdapat air terjun tepat di pinggir jalan. Hal inilah yang menjadi daya tarik sekaligus menjadikan air terjun ini salah satu yang tereksotis di Indonesia. Referensi foto: @wiraseto," tulis Instagram @Indoflashlight, Kamis (15/8/2019).

Untuk mencapai Lembah Anai, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju Kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Selain angkutan umum, kereta api wisata juga dapat menjadi alternatif perjalanan. Namun, kereta api hanya beroperasi setiap hari Minggu.

Jika ingin berada di dekat air terjun, harus berjalan lagi dan mendaki beberapa buah anak tangga, serta melewati beberapa gazebo yang digunakan untuk beristirahat.

Di sekitar Lembah Anai terdapat berbagai fasilitas seperti warung yang terdapat di sepanjang jalan, lahan parkir yang luas, serta fasilitas kamar mandi sebagai tempat mengganti pakaian dan membilas badan. Selain itu, tersedia pula area untuk berkemah bagi pencinta kemping.


Editor : Tuty Ocktaviany